STUDI EMPIRIS ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ayu Trisna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Henny Henny Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Penelitian ini menganalisis pergerakan abnormal return yang terjadi sebelum dan sesudah pengumuman right issue pada periode peristiwa. Metode untuk melihat kandungan informasi yang ada di pasar menggunakan event study. Event study mensyaratkan penggunaan periode peristiwa. Periode peristiwa yang digunakan sepanjang 11 hari dengan jumlah sampel sebanyak 89 perusahaan yang melakukan right issue. Pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik, paired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan tidak adanya perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman right issue.

Kata kunci : right issue, abnormal return, event study, periode peristiwa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-10
How to Cite
TRISNA DEWI, Ayu; HENNY RAHYUDA, Henny. STUDI EMPIRIS ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 11, nov. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/9881>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

right issue, abnormal return, event study, periode peristiwa