PENGARUH KONDISI EKONOMI, KONDISI PASAR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCTS DI BEI

  • A.A.Ayu Raras Indraswari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Ni Putu Santi Suryantini Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Return saham adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh seorang investor ketika menanamkan modalnya pada suatu saham di perusahaan tertentu. Tingkat return saham yang baik didukung oleh beberapa faktor diantaranya faktor ekonomi, faktor kondisi pasar modal serta kinerja keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan variabel-variabel yang terkandung didalam ketiga faktor tersebut yang mana paling memengaruhi tingkat return saham pada perusahaan Automotive and Allied Products di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Automotive and Allied Products yang terdaftar di BEI periode 2009-2012. Jumlah sampel perusahaan yang dipergunakan sebanyak 17 perusahaan, dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis faktor dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa GDP dan ROE berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil berikutnya yaitu IHSG dan TAT yang memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap return saham.

Kata kunci: GDP, IHSG, ROE, TAT, Return Saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-06
How to Cite
RARAS INDRASWARI, A.A.Ayu; SANTI SURYANTINI, Ni Putu. PENGARUH KONDISI EKONOMI, KONDISI PASAR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCTS DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 12, dec. 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5944>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

GDP, IHSG, ROE, TAT, Return Saham