ANALISIS SEMIOTIKA PADA POLITICAL BRANDING WALIKOTA SOLO PADA AKUN TWITTER @gibran_tweet

  • Ririn Aminarsih Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Machfud Fauzi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media sosial dapat digunakan sebagai media dalam pembentukan personal branding, tidak terkecuali oleh para tokoh politik. Salah satu media sosial yang digunakan oleh para tokoh politik adalah Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan personal branding Gibran Rakabuming Raka, walikota Solo melalui akun twitter pribadinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam paradigma interpretatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika oleh Charles Peirce. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis personal branding walikota Solo yang kerap kali membalas komentar-komentar pada akun sosial media Twitter pribadinya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan personal branding Gibran Rakabuming terbentuk melalui tiga indikator political branding yaitu Appearance, Personality, dan Political Key Message. Political branding yang ingin dibentuk oleh Gibran Rakabuming Raka yaitu, sebagai sosok Walikota yang memiliki kerja nyata dalam membangun Kota Solo, transparan, dekat dengan rakyat khususnya kaum milenial, santai, sederhana, dan merakyat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, S. S., & Mahadian, A. B. (t.t.). ANALISIS MEME POLITIK AMONG US #DPRIMPOSTOR (Analisis Semiotika Meme Among Us #DPRIMPOSTOR Dalam Perbincangan Isu Politik di Twitter).
Anitoda, M. (2021). Jadi Walikota Solo Ini Daftar Janji-janji Gibran Saat Kampanye, Anak Jokowi Bakal Buktikan Janjinya?,. Kupang.Tribunnews.com. https://kupang.tribunnews.com/2021/01/27/jadi-walikota-solo-ini-daftar-janji-janji-gibran-saat-kampanye-anak-jokowi-bakal-buktikan-janjinya?page=2
Ariviyanti, B. C. (2017). ANALISIS AKTIVITAS PEMBETUKAN CITRA POLITIK HARY TANOESOEDIBJO Studi Semiotika Peirce pada Iklan TV Perindo “Mars Perindo Versi 2.” CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6353
Gelder, S. V. (2005). Global Brand Strategy: Unlocking Brand Potential Across Countries, Cultures & Markets. Kogan Page Publishers.
Maulina, P., & Muttaqin, M. (2020). CITRA POLITIK PRABOWO-SANDI DALAM PEMILIHAN PRESIDEN (PILPRES) 2019 DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 40–50. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.40-50
McNally, D., & Speak, K. D. (2002). Be your own brand: A breakthrough formula for standing out from the crowd. Berrett-Koehler Publishers.
Nurrachman, D. (2017). TEKS SASTRA DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA PRAGMATIS CHARLES SANDERS PEIRCE. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 83–88. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1793
Putri, S. (2021). PERSONAL BRANDING PEJABAT PUBLIK (ANALISIS ISI AKUN INSTAGRAM WALIKOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING RAKA). MEDIOVA: Journal of Islamic Media Studies, 1(1), 99–124. https://doi.org/10.32923/medio.v1i1.1726
Rahman, H. (2019). AKTIVITAS PUBLIK RELATIONS POLITIK PENGELOLAAN CITRA PRABOWO SEBAGAI CAPRES 2019. 7(6).
Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Safkaur, P. G. L., Priyowidodo, G., & Luik, J. E. (2022). STRATEGI SELF-PRESENTATION GIBRAN RAKABUMING RAKA SEBAGAI WALI KOTA SOLO DI AKUN INSTAGRAM @GIBRAN_RAKABUMING. 10.
Sani, M. F., & Sari, S. S. (t.t.). Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Personal Branding (Profil) Pemimpin Muda Indonesia di Media Sosial 2021 (Studi Kasus Gubernur DKI Jakarta).
Srisadono, W. (2018). KOMUNIKASI PUBLIK CALON GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT 2018 DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING MENGGUNAKAN TWITTER. 1(2).
Sufa, I. G. (2023, Februari 15). Survei Unisri: 96% Warga Solo Puas Kepemimpinan Gibran Rakabuming. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/ira/berita/63ec68aa6cc27/survei-unisri-96-warga-solo-puas-kepemimpinan-gibran-rakabuming
Published
2023-07-21
How to Cite
AMINARSIH, Ririn; FAUZI, Agus Machfud. ANALISIS SEMIOTIKA PADA POLITICAL BRANDING WALIKOTA SOLO PADA AKUN TWITTER @gibran_tweet. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 79-92, july 2023. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/99801>. Date accessed: 21 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2023.v05.i01.p06.