Peran Indonesia Youth Foundation dalam Mendukung Diplomasi Publik Indonesia (2020-2021)

  • Fauzi Wahyu Zamzami Universitas Islam Indonesia
  • Ciptadi Akbar Ahdiat Ege University

Abstract

Saat ini Hubungan Internasional tidak hanya fokus dalam isu high politics, tetapi juga low politics yang berhubungan dengan kehidupan sosial. Dalam memaksimalkan kepentingan nasionalnya, kerjasama dilakukan di berbagai sektor dengan Multi Track Diplomacy melalui non-state actors seperti NGO. Ini mendasari dibentuknya Indonesia Youth Foundation (IYF) untuk memberikan pemahaman lebih baik tentang Indonesia dan menjembatani persahabatan dengan komunitas internasional. Dalam membangun citra Indonesia, IYF memanfaatkan sektor pendidikan, pemberdayaan pemuda dan pariwisata sebagai alat komunikasi kepada publik. Penulis ingin mengetahui sejauh mana peran IYF mendukung diplomasi publik Indonesia tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan teori Diplomasi Publik Mark Leonard, terdiri dari News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Penelitiannya menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik Case Study dan Survey. Penulis mendapatkan hasil bahwa IYF berperan mendukung diplomasi publik Indonesia dengan menciptakan persahabatan internasional sesuai pengaplikasian teori diplomasi publik Mark Leonard. IYF berhasil menciptakan manajemen acara yang ramah dan sempurna, sehingga menciptakan ketertarikan bergabung yang tinggi dengan acara IYF.


Kata kunci: Indonesia Youth Foundation, Diplomasi Publik, Mark Leonard, Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fauzi Wahyu Zamzami, Universitas Islam Indonesia

Fauzi Wahyu Zamzami merupakan mahasiswa semester 7 jurusan Hubungan Internasional di Universitas Islam Indonesia. Ia memiliki minat dan fokus dalam diplomasi publik di Korea Selatan. Ia juga memiliki lebih dari 30 publikasi artikel opini di berbagai media massa, seperti Geotimes, Pinter Politik, Radar Cianjur, dan sebagainya. Selain itu, ia juga memiliki 3 publikasi jurnal nasional dan prosiding.

Ciptadi Akbar Ahdiat, Ege University

Ciptadi Akbar Ahdiat merupakan mahasiswa semester 5 jurusan Hubungan Internasional di Ege University, Turki. Ia memiliki minat dalam European Studies. Ia juga aktif mengikuti beberapa organisasi didalam dan diluar kampusnya. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Turki

Published
2022-07-11
How to Cite
ZAMZAMI, Fauzi Wahyu; AHDIAT, Ciptadi Akbar. Peran Indonesia Youth Foundation dalam Mendukung Diplomasi Publik Indonesia (2020-2021). Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-17, july 2022. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/77134>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2022.v04.i01.p01.