BUDAYA INFORMASI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN LUAR BIASA DI PROVINSI BALI)

  • Richard Togaranta Ginting Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya informasi pada siswa berkebutuhan khusus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha mengungkapkan dan menjelaskan secara deskriptif mengenai budaya informasi pada siswa berkebutuhan khusus. Khususnya pada siswa pendidikan luar biasa di provinsi Bali. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified random sampling. Jumlah sampel yang diteliti berasal dari sekolah penyelenggara pendidikan luar di provinsi Bali, yakni SLB Negeri 1 Denpasar, SLB Negeri 1 Singaraja dan SLB Negeri 1 Tabanan. Berdasarkan hasil perhitungan ditentukan sebanyak 152 responden. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai budaya informasi yang dimulai dengan cara mendapatkan informasi, mengolah informasi hingga memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan pada siswa berkebutuhan khusus.
Kata kunci: budaya informasi, siswa berkebutuhan khusus, sekolah luar biasa
ABSTRACT
This study aims to determine the information culture for students with special needs. The type of research used in this study is descriptive research with survey approaching. This research attempts to reveal and explain descriptively about the information culture for students with special needs. The sampling technique is done by purposive sampling. The number of samples studied originated from extraordinary schools in the bali province, namely are SLB Negeri 1 Denpasar, SLB 1 Singaraja and SLB 1 Tabanan . Based on the results of calculations determined as many as 152 respondents. This study provides an overview of the information culture that begins with how to obtain information, process information to utilize information for decision making on students with special needs.
Keywords: information culture, students with special needs, extraordinary schools

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Gendina, N.I.: Information Literacy or Information Culture: Separation for Unity: Russian Research Results. In: World Library and Information Congress: 70th IFLA General Conference and Council, Buenos Aires, Argentina, August 22-27 (2004)
Ginman,A. 1987. Information Culture and Bussines Performance. IATUL Quarterlv, Vol 2. No.2. P 93-106.
McLeod, Raymond Jr dan Schell, George. 2001. Management Information System. London: Prentice International Hall, Inc.
Sulistyo-Basuki. 2004. Pengantar Dokumentasi. Bandung: Rekayasa Sains.
Suroso, Arif Imam dan Aji Hermawan. 1998. Manajemen Budaya Informasi. Amal Agrimedia. Vol.4 No 3. ISSN: 0853-846-8.
Wang, Mei -Yu. 2005. The Impact of Information Culture on Managing Knowledge: A Double Case Study of Pharmaceutical Manufacturers in Taiwan. Library Review. Vol. 55. No 3 p 209-2 221.
Published
2019-07-09
How to Cite
GINTING, Richard Togaranta. BUDAYA INFORMASI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN LUAR BIASA DI PROVINSI BALI). Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58-68, july 2019. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/50962>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2019.v01.i01.p06.