KESIAPAN LAYANAN DIGITAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNTAN DALAM MENDUKUNG UNTAN MENUJU UNIVERSITAS SIBER

  • Atiqah Nur Latifa Universitas Tanjungpura

Abstract

Dalam mendukung Universitas Tanjungpura (Untan) menuju universitas siber, UPT Perpustakaan Untan mempersiapkan layanan digital yang bertujuan mempermudah akses mahasiswa ke sumber belajar. Tujuan penelitian ini mengarah pada kesiapan UPT Perpustakaan Untan sebagai fasilitator utama menuju universitas siber. Metode penelitian yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan 6 orang informan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan UPT Perpustakaan Untan belum siap memfasilitasi Untan menuju universitas siber. Hingga saat ini masih dilakukan pengembangan layanan digital diantaranya layanan e-library, e-repository, katalog induk terintegrasi, serta unggah mandiri tugas akhir mahasiswa guna memenuhi tantangan visi Untan menuju universitas siber yang membutuhkan waktu jangka menengah untuk mewujudkannya. Hal tersebut karena adanya kendala jumlah sumber daya pustakawan serta kualifikasi keterampilan teknologi informasi yang terbatas, ketersediaan hardware dan pemilihan software, hingga keandalan jaringan sehingga menghambat percepatan UPT Perpustakaan Untan mengikuti dinamika perubahan adaptasi teknologi di perpustakaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A., & Santika, S. (2021). Analisis Promosi Layanan Perpustakaan Digital iSabilulungan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.14710/LENPUST.V7I2.35767
Arnomo, I. (2018). Perbandingan Perangkat Lunak Repository Institusi : Studi Kasus pada Repository Institusi di Indoensia . Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 3 No.1, Januari 2018.
Baihaqi. (2016). Pengawasan Sebagai Fungsi Manajemen Perpustakaan Dan Hubungannya Dengan Disiplin Pustakawan . LIBRIA : Volume 8, Nomor 1:Juni 2016.
Han, L., Zhang, G., Yong, B., He, Q., Feng, F., & Zhou, Q. (2019). Statistical study of characteristics of online reading behavior networks in university digital library. World Wide Web, 22(3), 1175–1187. https://doi.org/10.1007/S11280-018-0593-Y
Hanum, A. N. L. (2021). Pemasaran Informasi: Strategi Meningkatkan Nilai Jual Perpustakaan (1st ed., Vol. 1). Jejak Pustaka.
Hayatuddiniyah, H. (2021). Perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large (studi kasus di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5141
IFLA. (2018). IFLA/UNESCO Manifesto for Digital Libraries. https://www.ifla.org/publications/ifla-unesco-manifesto-for-digital-libraries/
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Depok: Raja Grafindo Persada.
Lasa, H. (2008). Manajemen Perpustakaan. Gama Media.
Lo, P., & Stark, A. (2021). Examining the relationship between social inclusion and mobile libraries in the age of Internet connectivity: A qualitative study of mobile librarians around the globe. Journal of Librarianship and Information Science, 53(2), 245–270. https://doi.org/10.1177/0961000620935476
Purwadi, P., & Irwansyah, I. (2019). Peran Public Information Officers Dalam Komunikasi Layanan Perpustakaan Digital Melalui Facebook. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 40(1), 55–72. https://doi.org/10.14203/J.BACA.V40I1.437
Rafique, H., Almagrabi, A. O., Shamim, A., Anwar, F., & Bashir, A. K. (2020). Investigating the Acceptance of Mobile Library Applications with an Extended Technology Acceptance Model (TAM). Computers and Education, 145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103732
Suharso, P., Arifiyana, I. P., Mizati, D., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. ANUVA, 4(2), 271–286.
Sun, J., & Yuan, B.-Z. (2012). Development and Characteristic of Digital Library as a Library Branch. IERI Procedia, 2, 12–17. https://doi.org/10.1016/j.ieri.2012.06.044
Priansa, S. &. (2016). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Trianggoro, C., Tupan, T., Djaenudin, M., Widuri, N. R., & Rahayu, R. N. (2021). Pengembangan repositori data pada lembaga riset dengan status Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.26733
Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Yoon, H. Y. (2016). User Acceptance of Mobile Library Applications in Academic Libraries: An Application of the Technology Acceptance Model. Journal of Academic Librarianship, 42(6), 687–693. https://doi.org/10.1016/J.ACALIB.2016.08.003
Zha, X., Zhang, J., & Yan, Y. (2015). Comparing digital libraries in the web and mobile contexts from the perspective of the digital divide. Journal of Librarianship and Information Science, 47(4), 330–340. https://doi.org/10.1177/0961000614532677
Published
2023-12-01
How to Cite
LATIFA, Atiqah Nur. KESIAPAN LAYANAN DIGITAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNTAN DALAM MENDUKUNG UNTAN MENUJU UNIVERSITAS SIBER. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 149-159, dec. 2023. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/101737>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2023.v05.i02.p05.