SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TELINGA HIDUNG DAN TENGGOROKAN (THT) DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

Main Article Content

I Gede Ferdika Jayusman I Ketut Adi Purnawan, ST, M.Eng.

Abstract

Perkembangan komputer dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan kompleks. Hal ini mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia atau bahkan melebihi kemampuan kerja manusia. sistem pakar (Expert System) merupakan program komputer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu.. Tujuan pengembangan sistem pakar adalah sebagai media informasi bagi masyarakat terutama penderita penyakit untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita sebagai diagnosa awal, juga sebagai alat bantu bagi dokter untuk dapat mengambil keputusan secara cepat dan lebih akurat. Metode sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah certainty factor berbasis web. Aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit telinga hidung dan tenggorokan (THT) Dengan Metode certainty factor (CF) berbasis web dapat menyelesaikan masalah yaitu bisa menampilkan hasil diagnosa dengan cepat dan tepat berdasarkan gejala-gejala yang dimasukkan oleh user. Aplikasi sistem pakar THT ini, terdapat 24 gejala penyakit. Gejala-gejala tersebut akan dijadikan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya dijawab oleh user. Hasil diagnosa penyakit THT pada aplikasi ini nantinya akan muncul 3 jenis penyakit. Sistem akan mengambil satu keputusan yaitu jenis penyakit yang memiliki persentase tertinggi dari 3 persentase teratas sebagai hasil diagnosa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FERDIKA JAYUSMAN, I Gede; ADI PURNAWAN, ST, M.ENG., I Ketut. SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TELINGA HIDUNG DAN TENGGOROKAN (THT) DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 14-20, mar. 2016. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/21640>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Keywords
Sistem Pakar, THT, Certanty Factor, Berbasis Web
Section
Articles