SETTING RELE JARAK PADA SISTEM SUTT 150 KV GI KAPAL – GI PADANG SAMBIAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO-FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS)

Main Article Content

M. Nordiansyah I.G.D Arjana W. Setiawan

Abstract

Sistem proteksi pada saluran transmisi mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengamankan saluran transmisi dari gangguan yang terjadi, salah satu jenis pengaman utama yang digunakan adalah rele jarak. Berbagai metode dapat digunakan untuk mendapatkan nilai setting rele jarak, salah satunya adalah dengan metode ANFIS. Metode ANFIS digunakan untuk mendapatkan nilai setting rele jarak pada sistem SUTT 150 kV GI Kapal - GI Padang Sambian. Struktur ANFIS yang dilatih menggunakan model ANFIS Takagi-Sugeno, dengan 3 jenis fungsi keanggotaan, serta dengan 2 dan 3 fuzzy set untuk masing-masing jenis fungsi keanggotaan. Pemodelan pasangan data masukan-keluaran yang digunakan adalah pemodelan dengan masukan 1 data pelatihan, dan masukan 3 data pelatihan untuk 1 data target. Berdasarkan simulasi peramalan nilai setting rele jarak yang dilakukan, menghasilkan MAPE peramalan ANFIS untuk masukan 1 data pelatihan sebesar 5,671 %, sedangkan nilai MAPE yang dihasilkan dari masukan 3 data pelatihan dengan 1 data target menghasilkan nilai MAPE sebesar 0,377 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NORDIANSYAH, M.; ARJANA, I.G.D; SETIAWAN, W.. SETTING RELE JARAK PADA SISTEM SUTT 150 KV GI KAPAL – GI PADANG SAMBIAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO-FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS). Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 85-90, oct. 2014. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/19613>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Keywords
Rele Jarak, Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS), Setting Rele Jarak
Section
Articles