KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN MASYARAKAT ADAT BADUY

:ANALISIS EKSTERNALISASI, OBJEKTIVASI DAN INTERNALISASI

  • Gabriel Gabriel Udayana University
  • Wahyu Budi Nugroho Udayana University
  • Gede Kamajaya Udayana University
  • Nyoman Ayu Sukma Pramestisari Udayana University

Abstract

KONSTRUKSI  SOSIAL PENDIDIKAN MASYARAKAT ADAT BADUY: ANALISIS EKSTERNALISASI, OBJEKTIVASI DAN INTERNALISASI


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi sosial pendidikan dalam masyarakat Baduy di Desa Kanekes, Banten. Pendidikan formal merupakan suatu proses modal dasar bertahan hidup untuk menghadapi dunia. Pendidikan memberikan seseorang ilmu pengetahuan, kompetensi, metode, dan data. Menempuh pendidikan formal individu dapat mengembangkan wawasan serta potensi yang dimiliki untuk kelanjutan hidup individu tersebut. Berbeda dalam masyarakat Baduy untuk mengenyam pendidikan formal, mereka memiliki pandangan bahwa bila bersekolah formal nanti akan mengancam adat istiadat suku Baduy akibat kebebasan yang terkontrol di dunia luar. Tabu akan pendidikan formal bukan berarti masyarakat Baduy menolak Ilmu pengetahuan, observasi penulis di lapangan ternyata masyarakat Baduy memiliki sistem pendidikan sendiri yang sesuai dengan adat istiadat atau pikukuh karuhun yang disebut dengan ngolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Analisis teori yang digunakan sebagai pisau bedah dalam penelitian ini adalah konsep eksternalisasi, internalisasi, dan objektivasi menurut Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Hasil penelitian ini mengungkapkan pada konstruksi pendidikan adat baduy disebut ngolah yang disesuaikan dengan adat istiadat masyarakat Baduy. Ngolah memprioritaskan tananan hukum adat yang berlaku dan memiliki tujuan untuk mewariskan nilai-nilai kebudayaan leluhur. Ngolah berlangsung secara turun-temurun melalui keluarga dan tokoh adat dengan fokus pembelajaran ialah aspek pertanian, nilai-nilai kebudayaan, aturan tantanan adat istiadat Baduy. Sehingga ngolah dapat mengkuatkan adat istiadat masyarakat Baduy dalam menghadapi pengaruh modernisasi sejak dini.


 


Kata Kunci: Pendidikan, Baduy, Konstruksi Sosial


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-29
How to Cite
GABRIEL, Gabriel et al. KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN MASYARAKAT ADAT BADUY. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 4, n. 1, may 2024. ISSN 2827-914X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/111711>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles