Representasi Peristiwa Sejarah Genkou yang Terdapat dalam Video Game Ghost of Tsushima

  • Erica Chen Universitas Udayana
  • Renny Anggraeny Universitas Udayana

Abstract

Artikel ini membahas mengenai representasi peristiwa sejarah genkou yang terdapat dalam video game berjudul Ghost of Tsushima hasil kembangan Sucker Punch Productions. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah metode simak dan catat dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah teori new historicism yang dikemukakan oleh Greenblatt. Berdasarkan hasil penelitian, video game tersebut merepresentasikan peristiwa sejarah genkou ke dalam delapan peristiwa. Kedelapan peristiwa ini tidak sepenuhnya sesuai dengan peristiwa yang terjadi dalam fakta sejarah genkou. Oleh karena itu, peristiwa-peristiwa tersebut terbagi menjadi tiga kategori yang terdiri dari peristiwa yang sesuai, peristiwa yang mirip, dan peristiwa yang berbeda. Peristiwa yang paling sesuai dalam merepresentasikan peristiwa sejarah genkou ialah pertahanan 80 orang samurai yang dipimpin oleh Shimura. Delapan puluh orang samurai melawan ribuan pasukan Mongol merupakan kejadian yang khas dari sejarah genkou. Detail kecil mengenai pemimpin dari kedelapan puluh samurai yang merupakan seorang jito di pulau Tsushima juga direpresentasikan dalam game.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artika, I Wayan. 2015. “Pengajaran Sastra dengan Teori New Historicism”. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 10(20), hlm. 51-52. (Diakses pada tanggal 9 Oktober 2021 dari alamat https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/8917).

Hutchinson, Rachael. 2019. Japanese Culture Through Videogames. London: Routlege.

Putri, I Gusti Agung Ayu Made Dianti. 2015. “Representasi Sejarah dalam Manga Shanaou Yoshitsune Karya Sawada Hirofumi”. Jurnal Seni dan Humaniora, 13(3). (Diakses pada tanggal 29 September 2021 dari alamat http://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/17259).

Turnbull, Stephen. 2010. The Mongol Invasions of Japan 1274 and 1281. Oxford: Osprey Publishing.

Wahyudi, Johan. 2014. “Video Game sebagai Media Pembelajaran Sejarah”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(2), hlm. 202.

Yamada, Nakaba. 1916. Ghenko: The Mongol Invasion of Japan. London: Smith, Elder & Co.

Zunara, Adre Priatama. 2021. Penggambaran Tokoh dan Peristiwa Sejarah pada Zaman Sengoku dalam Anime Ninja Battoman Karya Junperi Mizusaki. Skripsi. Universitas Udayana.
Published
2023-08-30
How to Cite
CHEN, Erica; ANGGRAENY, Renny. Representasi Peristiwa Sejarah Genkou yang Terdapat dalam Video Game Ghost of Tsushima. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 294-306, aug. 2023. ISSN 2623-0151. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sakura/article/view/88805>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JS.2023.v05.i02.p06.
Section
Articles