Hegemoni Heteronormativitas Jepang dalam Film Karera Ga Honki De Amu Toki Wa Karya Ogigami Naoko

  • Tia Saraswati Universitas Airlangga

Abstract

Artikel ini akan menganalisis bentuk heteronormatif dan hegemoni heteronormatif dalam film transgender berjudul Karera ga Honki de Amu Toki wa karya Ogigami Naoko. Tokoh utama dalam film ini adalah seorang transpuan bernama Rinko. Dengan mengambil adegan-adegan film yang menunjukkan bentuk-bentuk heteronormatif (diskriminasi, homofobia dan kecurigaan dari masyarakat Jepang di sekitar Rinko) dan bagaimana hegemoni heteronormatifitas dialami oleh Rinko, analisis akan dilakukan dengan menggunakan kerangka teori hegemoni heteronormatif dan juga konsep heteronormativitas dengan tetap mengacu pada konteks budaya Jepang dalam film. Meskipun hidup Rinko seakan sempurna karena dikelilingi orang-orang yang mencintainya dan menerima dirinya apa adanya, namun, Rinko hidup di dalam masyarakat yang  heteronormatif sehingga tetap mengalami perlakuan homophobia dan diskriminatif dari orang disekitarnya. Selain itu, transpuan Rinko tidak bisa sepenuhnya memiliki kebebasan untuk mewujudkan keinginannya memiliki anak (mengadopsi Tomo) karena ada aturan-aturan yang membuatnya harus tunduk pada masyarakat heteronormatif. Dalam hal ini, representasi transpuan dalam film ini masih pada tataran transpuan yang belum diterima sepenuhnya oleh masyarakat karena masyarakat Jepang sendiri sebagian besar adalah masyarakat yang heteronormatif yang masih belum menerima gender minoritas seperti transgender. Selain itu, adanya hegemoni heteronormatif membuat transpuan Rinko harus tunduk pada aturan-aturan dan kuasa yang berlaku di dalam masyarakat Jepang.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akita, S. (2021, July 30). Since the Age of Keisuke Kinoshita and Yasujiro Ozu: The Journey of Japan’s Queer Films [Interview]. https://jff.jpf.go.jp/read/interview/queerfilms/

Castro Varela, M. do M., Dhawan, N., & Engel, A. (2011). Hegemony and heteronormativity: Revisiting “the political” in queer politics. Burlington. http://lib.ugent.be/catalog/rug01:001839246

Dunn, F. (2019, January 28). Jepang Pertahankan Praktik Sterilisasi Paksa Terhadap Warga Transgender. https://www.vice.com/id/article/eved8p/jepang-pertahankan-praktik-sterilisasi-paksa-terhadap-warga-transgender

Glaad. (2018). Transgender People. https://www.glaad.org/transgender/transfaq

Haefele-Thomas, A., Combs, T., & Stryker, S. (2019). Introduction to Transgender Studies. Harrington Park Press, LLC. https://books.google.co.id/books?id=tqyLDwAAQBAJ

Hori, A. (2019). Body Representation of a Trans Woman and “Motherhood” in Naoko Ogigami’s film Close-Knit. 人権問題研究, 16, 47–67. https://doi.org/10.24544/ocu.20200331-003

hrw. (2021, Mei). Japan: New Momentum to Reform Transgender Law. https://www.hrw.org/news/2021/05/25/japan-new-momentum-reform-transgender-law

Ide, W. (2017, February 10). “Close Knit”: Berlin Review. https://www.screendaily.com/reviews/close-knit-berlin-review/5114730.article

Marchia, J., & Sommer, J. M. (2019). (Re)defining heteronormativity. Sexualities, 22(3), 267–295. https://doi.org/10.1177/1363460717741801

Mulyadi, B., & Kurniasih, A. (2019). Pandangan Masyarakat Jepang terhadap Tokoh Transeksual dalam Film Karera ga Honki de Amu toki wa. Japanese Research on Linguistics, Literature, and Culture, 1, 112–128. https://doi.org/10.33633/jr.v1i2.2461

Ogigami, N. (2017, February 25). Karera ga Honki de Amu Toki wa (Close Knit) [Dra-ma/Transgender]. Suurkiitos.

Putri, C. W., & Oemiati, S. (2021). STRUKTUR NARATIF FILM KARERA GA HONKI DE AMU TOKI WA KARYA NAOKO OGIGAMI. Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa dan Sastra, 145–152. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/1520/1158

Robinson, B. A. (2016). Heteronormativity and Homonormativity. In The Wiley Blackwell Encyclopedia of Gender and Sexuality Studies (pp. 1–3). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118663219.wbegss013

Sugiarti, R. (2018). Performativitas Gender pada Tokoh Rinko dalam Film Close Kni karya Sutradara Naoko Ogigami. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Tamagawa, M. (2018). Coming Out of the Closet in Japan: An Exploratory Sociological Study. Journal of GLBT Family Studies, 14(5), 488–518. https://doi.org/10.1080/1550428X.2017.1338172

Wojton, J., & Searcy, L. (2016). There’s No Place Like Home. Studies in Popular Culture, 39(1), 1–16. JSTOR.

Akita, S. (2021, July 30). Since the Age of Keisuke Kinoshita and Yasujiro Ozu: The Journey of Japan’s Queer Films [Interview]. https://jff.jpf.go.jp/read/interview/queerfilms/

Castro Varela, M. do M., Dhawan, N., & Engel, A. (2011). Hegemony and heteronormativity: Revisiting “the political” in queer politics. Burlington. http://lib.ugent.be/catalog/rug01:001839246

Dunn, F. (2019, January 28). Jepang Pertahankan Praktik Sterilisasi Paksa Terhadap Warga Transgender. https://www.vice.com/id/article/eved8p/jepang-pertahankan-praktik-sterilisasi-paksa-terhadap-warga-transgender

Glaad. (2018). Transgender People. https://www.glaad.org/transgender/transfaq

Haefele-Thomas, A., Combs, T., & Stryker, S. (2019). Introduction to Transgender Studies. Harrington Park Press, LLC. https://books.google.co.id/books?id=tqyLDwAAQBAJ

Hori, A. (2019). Body Representation of a Trans Woman and “Motherhood” in Naoko Ogigami’s film Close-Knit. 人権問題研究, 16, 47–67. https://doi.org/10.24544/ocu.20200331-003

hrw. (2021, Mei). Japan: New Momentum to Reform Transgender Law. https://www.hrw.org/news/2021/05/25/japan-new-momentum-reform-transgender-law

Ide, W. (2017, February 10). “Close Knit”: Berlin Review. https://www.screendaily.com/reviews/close-knit-berlin-review/5114730.article

Marchia, J., & Sommer, J. M. (2019). (Re)defining heteronormativity. Sexualities, 22(3), 267–295. https://doi.org/10.1177/1363460717741801

Mulyadi, B., & Kurniasih, A. (2019). Pandangan Masyarakat Jepang terhadap Tokoh Transeksual dalam Film Karera ga Honki de Amu toki wa. Japanese Research on Linguistics, Literature, and Culture, 1, 112–128. https://doi.org/10.33633/jr.v1i2.2461

Ogigami, N. (2017, February 25). Karera ga Honki de Amu Toki wa (Close Knit) [Dra-ma/Transgender]. Suurkiitos.

Putri, C. W., & Oemiati, S. (2021). STRUKTUR NARATIF FILM KARERA GA HONKI DE AMU TOKI WA KARYA NAOKO OGIGAMI. Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa dan Sastra, 145–152. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/1520/1158

Robinson, B. A. (2016). Heteronormativity and Homonormativity. In The Wiley Blackwell Encyclopedia of Gender and Sexuality Studies (pp. 1–3). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118663219.wbegss013

Sugiarti, R. (2018). Performativitas Gender pada Tokoh Rinko dalam Film Close Kni karya Sutradara Naoko Ogigami. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Tamagawa, M. (2018). Coming Out of the Closet in Japan: An Exploratory Sociological Study. Journal of GLBT Family Studies, 14(5), 488–518. https://doi.org/10.1080/1550428X.2017.1338172

Wojton, J., & Searcy, L. (2016). There’s No Place Like Home. Studies in Popular Culture, 39(1), 1–16. JSTOR.
Published
2022-08-29
How to Cite
SARASWATI, Tia. Hegemoni Heteronormativitas Jepang dalam Film Karera Ga Honki De Amu Toki Wa Karya Ogigami Naoko. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 228-247, aug. 2022. ISSN 2623-0151. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sakura/article/view/88342>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JS.2022.v04.i02.p06.
Section
Articles