Alih Wahana Manga Ao Haru Ride Karya Sakisaka Io ke Dalam Film Live action Karya Sutradara Miki Takahiro

  • Ni Komang Tri Jayanti Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul “Alih Wahana Manga Ao Haru Ride Karya Sakisaka Io ke dalam Film Live Action Karya Sutradara Miki Takahiro”. Penelitian ini memberi pemahaman lebih mendalam mengenai film live action yang dibuat dengan sumber berupa manga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan wawasan mengenai perubahan sastra populer Jepang menjadi film live action. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan metode informal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural yang dikemukakan oleh Robert Stanton (2007) dan Teori Alih Wahana oleh Damono (2012). Pada penelitian ini ditemukan beberapa perubahan pada unsur intrinsik dari manga ke dalam film live action sebagai hasil. Perubahan tersebut diantaranya 1) penciutan dari manga ke dalam film terjadi pada alur, tokoh / karakter, latar (tempat, waktu dan sosial), tema, dan sudut pandang dan disebabkan oleh durasi, biaya produksi, dan perubahan fokus sutradara; 2) penambahan pada film terjadi pada alur, tokoh / karakter, dan latar (tempat, waktu dan sosial) yang terjadi demi memperkuat nuansa dan kesan tertentu dan membuat alur nampak alami; 3) perubahan bervariasi yang terjadi pada alur, tokoh / karakter, dan latar (tempat, waktu dan sosial) yang terjadi akibat perubahan suasana dan fungsi peristiwa dalam film.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, Sapardi Djoko. 2012. Alih Wahana. Ciputat: Editum.

Damayanti, Silvia. 2016. “Alih Wahana Buku Cerita Bergambar ke Dalam Komik Sebagai Sarana

Pelestarian Cerita Rakyat Jepang”. Denpasar: Universitas Udayana

Hawarismi , Fatih Hikam Al. 2017. “Analisis Proses Alih Wahana Dari Light Novel Ke Anime

GATE : Jietai Kanochi Nite Kaku Tatakaeri” (Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Nurgiyanto, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta:UGM Press.

Padmiani, Ni Luh Gde Diah. 2017. “Alih Wahana Cerita Rakyat Momotaro dari Ehon Menjadi Kashi dan Anime” (Skripsi). Denpasar : Universitas Udayana.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Published
2020-08-30
How to Cite
JAYANTI, Ni Komang Tri. Alih Wahana Manga Ao Haru Ride Karya Sakisaka Io ke Dalam Film Live action Karya Sutradara Miki Takahiro. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 63-73, aug. 2020. ISSN 2623-0151. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sakura/article/view/58281>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JS.2020.v02.i02.p01.
Section
Articles