Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Kaiwakai Tahun 2016-2017 Di Program Studi Diploma III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM

  • Mery Kharismawati Universitas Gadjah Mada

Abstract

Untuk menunjang  keterampilan berbicara dalam berbahasa Jepang, Program D-III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan kegiatan Kaiwakai. Pada kegiatan ini mahasiswa berkesempatan untuk berinteraksi dengan penutur asli secara bebas dan santai di luar jadwal perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan Kaiwakai tahun 2016-2017 di program studi D-III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara semiterstruktur pada 6 peserta kegiatan Kaiwakai  tahun 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Kaiwakai perlu untuk digiatkan di kalangan mahasiswa karena memiliki pengaruh positif bagi seorang pembelajar Bahasa Jepang, yaitu karena dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Manfaat kegiatan Kaiwakai diperoleh setelah beradaptasi dengan kendala, berupa rasa tidak percaya diri pada kemampuan bahasa Jepang yang muncul selama mengikuti Kaiwakai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-14
How to Cite
KHARISMAWATI, Mery. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Kaiwakai Tahun 2016-2017 Di Program Studi Diploma III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-12, feb. 2019. ISSN 2623-0151. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sakura/article/view/45341>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JS.2019.v01.i01.p01.
Section
Articles