Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Kaiwakai Tahun 2016-2017 Di Program Studi Diploma III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM
Abstract
Untuk menunjang keterampilan berbicara dalam berbahasa Jepang, Program D-III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan kegiatan Kaiwakai. Pada kegiatan ini mahasiswa berkesempatan untuk berinteraksi dengan penutur asli secara bebas dan santai di luar jadwal perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan Kaiwakai tahun 2016-2017 di program studi D-III Bahasa Jepang Sekolah Vokasi UGM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara semiterstruktur pada 6 peserta kegiatan Kaiwakai tahun 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Kaiwakai perlu untuk digiatkan di kalangan mahasiswa karena memiliki pengaruh positif bagi seorang pembelajar Bahasa Jepang, yaitu karena dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Manfaat kegiatan Kaiwakai diperoleh setelah beradaptasi dengan kendala, berupa rasa tidak percaya diri pada kemampuan bahasa Jepang yang muncul selama mengikuti Kaiwakai.