Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Tari Kecak Bali

  • Adhistira Azka Kencana Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Keindahan tari kecak Bali tentu tidak diragukan lagi dalam lingkung nasional, keindahan  serta keunikan dari tari kecak ini memiliki arti disetiap pemeragaan gaya tariannya. Masyarakat Bali selalu menjaga gerakan gerakan yang mengandung arti sampai pada generasi abad  ini. Keberhasilannya menjaga keindahan dan keunikan tari kecak menghantarkan tari kecak dikenal dan dipertontonkan di lingkup global. Hal ini tentu mempengaruhi wajah Indonesia sebagai negara asal kebudayaan dimata dunia. Banyak usaha dari berbagai pihak untuk menjadikan tari kecak sebagai pengenalan wajah Indonesia dari sisi kebudayaan. Kekompakkan tari kecak ini lah yang menarik adanya penelitian jurnal ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa review jurnal terdahulu serta mencari database dari sumber sumber terpercaya. Tujuan dari adanya jurnal penelitian mengenai tari kecak dapat dikatakan bahwa ingin membuktikan bahwa pergerakan tari kecak dilingkup global sangat pesat dan sangat dikagumi oleh tokoh tokoh budaya dinegara lain. Untuk membuktikan hasil penelitian yang sesuai dengan kerangka tujuan maka akan dihadirkan beberapa data dan tabel yang berisi data popularitas tari kecak dikaca internasional. Hasil dari penelitian ini tari kecak dalam lingkup global mengalami perkembangan yang cukup pesat dan hal ini mempengaruhi perkembangan budaya Indonesia dimata Internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina, A. (2015). Budaya Populer Jepang Sebagai Instrumen Diplomasi Jepang dan Pengaruhnya Terhadap Komunitas- Komunitas di Indonesia.

Kesya Marcella Tjampan,Saptono Nugroho. (2020). Persepsi Pengunjung Domestik Terhadap Wisata Entertainment di Daya Tarik Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu.

Patra, B. H. (2022). DIPLOMASI BUDAYA JEPANG TERHADAP INDONESIA MELALUI THE JAPAN FOUNDATION TAHUN 2019-2020.

Putri N.G.A.E,Sanjiwani.P.K. (2021). Kontribusi Pertunjukan Seni Tari Tradisional Sebagai Atraksi Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Desa Adat Ubud.

Rudiawan, S. A. (November 2020). Diplomasi Kebudayaan Jepang di Indonesia melalui Japan Cultural Weeks 2021 oleh Japan Foundation Jakarta.

S, S. (2017). Diplomasi Soft Power Indonesia melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan.

S.A, R. (2022). Diplomasi Kebudayaan Jepang di Indonesia melalui Japan Cultural Weeks 2021 oleh Japan Foundation Jakarta.

Soesilowati, S. (Desember 2017 ). Diplomasi Soft Power Indonesia melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2023-04-21
How to Cite
KENCANA, Adhistira Azka. Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Tari Kecak Bali. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 11-14, apr. 2023. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/96359>. Date accessed: 05 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2023.v23.i01.p03.
Section
Articles