Pengaruh Adanya Gojek Terhadap Pengemudinya di Kota Denpasar Tahun 2015-2020

  • Samuel Calvin Situmorang Universitas udayana
  • Fransiska Dewi Setiowati Sunaryo Universitas Udayana
  • Anak Agung Inten Asmiriati Universitas Udayana

Abstract

Adanya gojek sangat membantu dalam kehidupan perkotaan, selain mudah dijangkau, efisiensi waktu tunggu menjadi dasar yang membuat gojek begitu banyak peminat di Kota Denpasar. Gojek tidak hanya membantu dari segi penumpang, jika dilihat dari sisi pengemudi adanya gojek menciptakan lapangan kerja baru. Dalam penelitian ini, penulis mengkaji dampak yang ada semenjak gojek beroprasi di kota dari segi ekonomi dan sosial yang ditimbulkan dari sisi pengemudi. Penelitian ini banyak mengambil data melalui wawancara dengan para pengemudi. Dari hasil penelitian, adanya gojek memberi dampak kepada yang banyak 1. Secara ekonomi gojek bisa menjadi mata pencaharian karena jam kerja dan durasi bekerja yang fleksibel. Selain alasan jam kerja dan durasi bekerja yang dapat diatur sendiri, gojek juga memberi bonus-bonus atau insentif bagi pengemudi yang mampu menyelesaikan target orderan. 2. Memunculkan paguyuban atau komunitas antar sesama pengemudi yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong. Berkat gojek, para pengemudi membuat komunitas untuk saling membantu yang bersifat kekeluargaan antar mitra pengemudi untuk saling membantu dalam pekerjaan. Tidak hanya berdampak ke para pengemudi saja, adanya gojek juga memberi dampak baik terhadap pariwisata di Kota Denpasar. Aksebilitas dan dapat menjangkau ke semua daerah di Kota Denpasar membuat pariwisata di denpasar menjadi berkembang berkat adanya gojek. Adanya gojek memberi dampak yang baik bukan hanya kepada mitranya saja tetapi juga pariwisata di Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Ahsani Ahmalia. 2017 ”Online vs Konvensional: Keunggulan Antar Moda Transportasi yang ada Di Kota Makassar”, Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2) Tahun 2017 (Makassar:Universitas Hasanuddin, 2017).

Febriyantoro, Mohamad Trio dan Debby Arisandi. 2018 ”Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Kecil, Mikro, Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2) tahun 2018 (Batam: STIE Dewantara, 2018).

Giri, Putu Citrayani dan Made Heny Urmila Dewi. 2017. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Go-Jek Di Kota Denpasar,Bali”, E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(6), tahun 2017 (Denpasar: Universitas Udayana,2017).

Nuryati, Rina Dkk, “Implementasi Kolaborasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan Model Usahatani Polikultur Perkebunan Terintegrasi (UTPPT) di Kabupaten Tasikmalaya”, Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis IV Dengan Judul Regenerasi Petani: Titik Kritis Pembangunan Berkelanjutan (Ciamis:Universitas Galuh,2020).

Ramadhan, Hamzah Syahid. 2019. “Resiko Dan Pengendalian Kecurangan Driver Pada Transportasi Berbasis Online di PT. Gojek Malang” (skripsi) Malang: Universitas Brawijaya. Rianty, Martha dan Pipit Fitri Rahayu,”Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16 (2 Tahun 2021 (Palembang: Universitas Trinidanti, 2021).

Sidemen, Ida Bagus. “Lima Masalah Pokok dalam Teori Sejarah”, Widya Pustaka Edisi Tahun VIII Nomor 2 Januari (Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana, 1991).

Sunaryo, Fransiska Dewi Setiowati. 2020 ”Layanan Transportasi Online Di Bali Dalam Arus Perkembangan Media Sosial”, Jurnal Penelitiam Sejarah dam Nilai Tradisional, 27(1) Tahun 2020 (Denpasar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, 2020)

Wahyu, Faisal. 2020. “Motivasi Mahasiswa Universitas Udayana Bekerja Paruh Waktu Sebagai Ojek Online”, (skripsi). Denpasar: Universitas Udayana.
Published
2023-04-21
How to Cite
SITUMORANG, Samuel Calvin; DEWI SETIOWATI SUNARYO, Fransiska; INTEN ASMIRIATI, Anak Agung. Pengaruh Adanya Gojek Terhadap Pengemudinya di Kota Denpasar Tahun 2015-2020. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 62-66, apr. 2023. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/94203>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2023.v23.i01.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)