Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Sebagai Penggiat Literasi Bagi Anak-Anak Jalanan di Yayasan Lentera Anak Bali (YLAB)

  • Komang Trisnadewi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer
  • Sri Widiastutik Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer
  • I Ketut Setiawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi, tuntutan terhadap kebutuhan sumber daya manusia untuk siap menjawab tantangan global sangat besar. Penanaman sikap melalui pendidikan sejak dini sangat penting dalam membentuk kualitas hidup yang baik bagi anak-anak sebagai cikal bakal dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Peningkatan kualitas, khususnya bagi anak-anak jalanan di Denpasar telah menjadi konsentrasi pemerintah sejak lama. Namun kondisi ini belum mampu menjamin anak-anak jalanan mendapatkan pendidikan yang baik dan hidup layak. Yayasan Lentera Anak Bali (YLAB) merupakan yayasan nonprofit bergerak aktif sebagai pemerhati kehidupan anak-anak jalanan sejak tahun 2011 di kawasan Denpasar Timur. YLAB mewujudkan adanya perlindungan hak anak, khususnya dalam pemenuhan hak-hak anak yang berkeadilan baik dalam bidang pendidikan (bagi anak marjinal/kurang mampu), penguatan sistem hukum, kesehatan dan psikososial anak, penanganan anak bangsa korban seks pariwisata Bali. Pihak Yayasan menyadari bahwa anak-anak jalananpun harus diberi kesempatan untuk ikut berperan melalui skill berkomunikasi Bahasa Inggris sebagai satu-satunya alat komunikasi global. Untuk itu muncullah gagasan kerjasama dan diusulkan dalam program kemitraan masyarakat (PKM) ini, berupa sumbangsih pengetahuan dan dukungan berliterasi melalui pendidikan Bahasa Inggris di luar jam kerja anak, selama dua kali dalam seminggu. Hasil dari kegiatan PKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara optimal, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian mengutamakan hak-hak anak dalam berliterasi, menyediakan kemudahan akses belajar, serta evaluasi terhadap wujud pencapaian program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2011. Profile Lentera Anak Bali (LAB) Bali. Lenteraanakbali.blogspot.com

Anonim, 2010. PKBM Dharma Wangsa Selamatkan Anak Jalanan Dari Buta Aksara. Denpasar: Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Kota Denpasar.

Anonim, 2011. Tak Didukung Gubernur, Komisi Perlindungan Anak Bali Bubar. KPAID. Denpasar: Tempo.CO.

Anonim, 2016. KPAI: Hari Anak Nasional, Momentum Evaluasi Perlindungan Hak Anak. Jakarta: Tempo.CO.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan inofatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Dhanny, R.Cyssco. Comprehensive English Grammar Reparation For People. Jakarta:Ksaint Blanc.

Dimyanti, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Doff, Adrian and Carolyn Becket. (2007). LISTENING: Student’s Book 1. (Reprint Edition). Yogjakarta: Kanisius.

Harsono., Priyatmojo, A., Innaka, A., Achmad. B., Luknanto, D., et.al.,2010. Buku Panduan Pelaksanaan Student Centered Learning (SCL) dan Studentt Teacher

Aesthethic Role-Aharing (STAR). Pusat Pengembangan Pendidikan, Yogyakarta: Universits Gadjah Mada

Hermayawati. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Yogyakarta: Jurnal Sosio-Humaniora Vol 1, ISSN 2087-1899.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ismail, Andang. 2006. Education Games, Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta:Pilar Media.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Nurhayati, 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. JURNAL BAHASA & SASTRA, VOLUME 9, NOMOR 2, JUNI 2008: Universitas Sriwijaya.

Nurul, Afita. 2016. Lentera Anak Bali: Perjuangan Panjang Bangun Kepedulian Anak-Anak Bali. Komunitas Bali-LAB: www.Liputan6.com

Paulina Pannen., dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran, Jakarta: Ditjendikti, Depdiknas.

Sary, Fetty Poerwita. 2010. Hubungan Antara Motivasi dan Kecemasan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Institut Manajemen Telkom. Yogyakarta: Telkom University Press Vol. 10 No 2.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Theory dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Westwood, P. 2008. What Teachers Need to Know about Teaching Methods:Victoria, Acer Press Australia

Yulianto, Eko. Fitri Fatichatul Hidayah. 2016. Role Playing Perspektif Calon Guru Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang: VOLUME 04 NOMOR 01 MARET 2016

Yusuf, Heri. 2011. Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Inggris UNISMA. Bekasi: Ejournal UNISMA Vol. 2 No. 2.
Published
2020-08-31
How to Cite
TRISNADEWI, Komang; WIDIASTUTIK, Sri; SETIAWAN, I Ketut. Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Sebagai Penggiat Literasi Bagi Anak-Anak Jalanan di Yayasan Lentera Anak Bali (YLAB). Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 73-79, aug. 2020. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/68598>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2020.v20.i02.p01.
Section
Articles