Nilai Heroisme pada Tarian Caci Masyarakat Manggarai Sebagai Refleksi Karakter Bangsa

  • Elsita Lisnawati Guntar PoliteknikInternasional Bali
  • Yuliana Jetia Moon STKIP St.PaulusRuteng
  • Ambros Leonangung Edu STKIP St. Paulus Ruteng

Abstract

Caci adalah sebuah tarian heroik karena berbentuk “perang” atau tanding di antara pria-pria pemberani dan perkasa. Para pria petarung dengan gagah masuk ke arena diiringi deru musik gong dan gendang menambah semangat untuk beradu. Dua pria saling berhadapan, yang satu sebagai penyerang (paki) dengan cambuk keras dengan ujungnya yang kecil dan tajam, sambil melenggak-lenggok (kelong) mencari siasat untuk memukul lawan (taang) berperisai lengkap. Daerah kepala adalah incaran utama diserang. Fokus penelitian ini adalah menganalisis nilai heroisme pada tarian caci. Akan tetapi, heroisme yang dikaji hanya dari konten lagu-lagu caci yang berisi syair-syair keberanian. Dalam usaha merampungkan penelitian ini, peneliti memadukan penelitian kepustakaan dan lapangan. Adapun kandungan nilai heroisme yang ditemukan dalam tarian dan nyanyian caci yang atraktif dan ekspresif tersebut ialah nilai keberanian, prestasi, ketekunan, kesetiaan, kejujuran dan sportivitas, dan menghormati adat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tarian caci masyarakat manggarai Manggarai kaya akan makna dan memiliki kandungan nilai heroisme yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nggoro, Adi M. 2006. Budaya Manggarai Selayang Pandang . Ende: Nusa Indah.

Riffaterre. Michael. 1978. Semiotics of Poetry. London: Metheun & Co. Ltd.

Sudarmadi. 2008. 10 Pengusaha yang Sukses Membangun Bisnis dari 0: Entrepreneur, Pahlawan

Bangsa dalam Dimensi yang Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Surya, Elisabeth.2009. “Makna Simbolik dan Fungsi Tarian Caci di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur”. (Skripsi). Universitas Sanata Darma.

Wild, Colin dan Pater Carey. 1986. Gelora Api Revolusi: Sebuah antalogi Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia
Published
2019-08-31
How to Cite
LISNAWATI GUNTAR, Elsita; JETIA MOON, Yuliana; LEONANGUNG EDU, Ambros. Nilai Heroisme pada Tarian Caci Masyarakat Manggarai Sebagai Refleksi Karakter Bangsa. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 63-67, aug. 2019. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61642>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2019.v19.i02.p01.
Section
Articles