Heterogenitas dalam Homogenitas: Praktik Pariwisata Berkelanjutan di Desa Wisata Krebet, Bantul, Yogyakarta

  • I Gusti Agung Pradnyadari Universitas Udayana

Abstract

Desa Wisata Krebet berkembang sejak tahun 2000. Desa wisata ini bertumpu pada kerajinan batik kayu sebagai daya tarik wisata. Adanya aktivitas pariwisata terbukti mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Krebet. Hal ini menyebabkan industri kerajinan kayu juga ikut berkembang. Perkembangan ini membawa dampak positif terhadap perekonomian setempat. Tidak hanya manfaat ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat, namun juga adanya kesadaran lingkungan dan perhatian terhadap pelestarian budaya lokal menjadikan hal ini sangat erat dengan paradigma pembangunan pariwisata berkelanjutan yang mengarah pada praktik pariwisata yang bertanggung jawab. Pembangunan pariwisata berkelanjutan terdiri dari tiga aspek, yaitu keberlanjutan lingkungan, ekonomi, dan sosial-budaya dalam jangka panjang. Penelitian ini ingin mengkaji praktik pariwisata yang diterapkan di Desa Wisata Krebet dengan mengacu pada konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan. Metode deskriptif kualitatif dan studi kepustakaan dipilih dalam penelitian ini. Proses analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran, bahwa Krebet lahir dari internal struggle. Ada heterogenitas dalam homogenitas. Ada hubungan memberi dan menerima yang saling menguntungkan. Desa Wisata Krebet telah menerapkan praktik-praktik pariwisata berkelanjutan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan, ekonomi, dan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, J. (2015). Membangun Pariwisata dari Bawah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fandeli, C; Raharjana, D.T; Kaharudin. (2003). Kawasan Pedesaan sebagai Objek Wisata. Laporan Penelitian: Lembaga Penelitian UGM.

Carlsen, J., & Butler, R. (2011). Island Tourism Sustainable Perspectives. Wallingford: CABI CAB Internasional.

Fajri, D.N.A. (2012). Pariwisata Indonesia dalam Menghadapi Peluang di Era Globalisasi (Studi Kasus: Desa Wisata Krebet Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul). Tesis: Universitas Gadjah Mada.

Harris, R; Griffin, T; Williams, P. (2002). Sustainable Tourism A Global Perspective. UK: Elsevier

Butterworth-Heinemann. Irawan, P. (2010). Kajian Indikator Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Wisata Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. Tesis: Universitas Gadjah Mada.

Miles, M. B. & Huberman. A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Pengelola Desa Krebet. (2017). Profil Desa Wisata Krebet.

Weaver, D. (2006). Sustainable Tourism: Theory and Practice. UK: Butterworth-Heinemann Publication.

WTO. (2004). Indicators of Sustainable Development for Tourism Destinations A Guidebook. Madrid: WTO.
Published
2023-09-10
How to Cite
PRADNYADARI, I Gusti Agung. Heterogenitas dalam Homogenitas: Praktik Pariwisata Berkelanjutan di Desa Wisata Krebet, Bantul, Yogyakarta. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 147-154, sep. 2023. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/107110>. Date accessed: 21 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2023.v23.i02.p11.
Section
Articles