Pengaruh Permainan Game Online Terhadap Perkembangan Disiplin dan Prestasi Siswa (Studi Kasus di SMPN 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan)

  • Mohammad Syahru Assabana IAIN syekh Nurjati Cirebon
  • Cecep Sumarna IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Wawan Ahmad Ridwan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat bebeapa kemajuan di bidang teknologi. Perkembangan teknologi tersebut memberikan dampak positif di berbagai bidang termasuk dalam bidang Pendidikan. Namun perkembangan teknologi yang pesat tersebut tidak diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkannya. Game Online merupakan salah satu produk teknologi yang pada saat ini memberikan dampak negative terhadap dunia Pendidikan dikarenakan kurangnya minat belajar siswa dikarenakan kecanduan bermain game online tersebut. Masalah penelitian ini adalah seberapa besar motivasi siswa SMPN 2 Pasawahan bermain game online, seberapa tinggi pengaruh permainan game online terhadap perkembangan disiplin siswa, seberapa tinggi pengaruh permainan game online terhadap prestasi siswa, dan upaya apa yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa SMPN 2 Pasawahan bermain game online, seberapa tinggi pengaruh permainan game online terhadap perkembangan disiplin siswa, seberapa tinggi pengaruh permainan game online terhadap prestasi siswa, dan upaya apa yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online.


Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Hasil uji t hitung menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah -10.377 serta nilai signifikansi 0.000 atau kurang dari 0.05. nilai koefisien dari X1 (Game Online) adalah -0.110 sehingga dapat disimpulkan bahwa game online memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap perkembangan disiplin dan prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningtiyas, &. S. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4 (1). http://dx.doi.org/10.33373/kop.v4 i1.1121.
Affandi, M. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 SDN 009 Samarinda. eJournal llmu Komunikasi, 1 (4), 177-187.
Al-Munajid, M. (2016). Bahaya Game. Solo: Aqwam.
Amalia, N. A. (2022). Analisis Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (4), Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Andri, A. K. (2019). angan Suka Game Online Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Yogyakarta: AE Media Grafika, 6.
Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2), 532–544.
Anggraini, E. S. (2021). Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini melalui bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27-37.
Anshory, A. d. (2016). Tahap dan Karakteristik Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar (Upaya Pemaknaan Development Task). The Progressive and Fun Education Seminar, 7 (978-602, 383–389.
Ariantoro, R. T. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1 (1).
Budiarti, L. (2019). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online terhadap Prestasi Nilai Hasil Belajar (Penelitian Deskriptif di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Baleendah Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Fasya, H. Y. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Agresivitas Anak-anak dan Remaja di Kota Makassar (Studi Kasus di Kecamatan Tallo). Hasanuddin Student Journal, 127-134.
Febrina, l. C. (2014). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Agresivitas Siswa. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - Vol. 9, No.1, 28-35.
Harahap, S. H. (2021). Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1301-1310.
Ismi, N. &. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3 (1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304.
Janttaka, N. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 132-141.
Khoriyah, S. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Remaja dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat Lima Waktu di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Diakses Pada Tanggal 10 September 2021 dari Situs http://repository. radenintan.ac.id/id/eprint/6027.
Kurniawan, E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG 3 (1), 97-103.
Masya and Candra. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016.”.
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135-142.
Nuritno, R. R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Pendidikan Matematika.
Nurlaela, &. S. (2017). Dampak Game Online Terhadap Moral Anak Di Desa Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. No. 1, 93–104.
Ondang, G. L. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol Unsrat. Jurnal Holistik, Vol. 13 No. 2, 1-15.
Purwa, A. P. (2013). Psikologi Pendidikan: Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: ArRuzz Media. 225.
Purwanto, N. (1988). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya. 85-87.
Ramdani, N. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN Bawakaraeng 1 Kota Makasar.
Published
2023-09-09
How to Cite
ASSABANA, Mohammad Syahru; SUMARNA, Cecep; AHMAD RIDWAN, Wawan. Pengaruh Permainan Game Online Terhadap Perkembangan Disiplin dan Prestasi Siswa (Studi Kasus di SMPN 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan). Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 97-106, sep. 2023. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/106322>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2023.v23.i02.p05.
Section
Articles