Peran Self efficacy terhadap Burnout yang Dimoderatori Jenis Kelamin pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu

Burnout; Efikasi Diri;Jenis Kelamin; Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu

  • Jessica Pramesti Pranoto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Doddy Hendro Wibowo Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Kuliah sambil bekerja banyak terjadi di kalangan mahasiswa. Namun, bila mahasiswa tidak mampu menyeimbangkan waktu kuliah dan bekerja maka akan terjadi burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self efficacy terhadap burnout pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu dimoderatori jenis kelamin. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala self efficacy dan skala burnout. Sampel yang digunakan berjumlah 110 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive. Responden merupakan mahasiswa strata satu yang bekerja paruh waktu dan belum berkeluarga. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai alat penguji hipotesis. Hasil menyatakan bahwa hipotesis diterima (p<0,05) yaitu ada peran negatif self efficacy terhadap burnout. Peranan tersebut berkontribusi lebih kuat pada laki-laki daripada perempuan. Kontribusi self efficacy terhadap burnout pada mahasiswa laki-laki sebesar 2,87%, sedangkan pada mahasiswa perempuan sebesar 1,52%. Semakin tinggi self efficacy seseorang, maka burnout semakin rendah dan kontribusinya lebih kuat pada laki-laki dibandingkan pada perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Rabiatul, and Jacobus Belida Blikololong. (2018). “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Burnout Pada Karyawan Rumah Sakit.” Jurnal Psikologi 11(2):190–99. doi: 10.35760/psi.2018.v11i2.2264.
Adelina, Deila. (2018). “Hubungan Antara Self efficacy Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Universitas Muhammadiah Malang.
Aderanti, Ruth Adunola, Taiwo Motolani Williams, Comfort Adebola Oyinloye, and Ngozi Caroline Uwanna. (2013). “The African Symposium : An Online Journal of the African Educational Research Network The African Symposium : An Online Journal of the African Educational Research Network.” The African Educational Research Network 13(1):12–18.
Arlinkasari, Fitri, and Sari Zakiah Akmal. (2017). “Hubungan Antara School Engagement, Academic Self-Efficacy Dan Academic Burnout Pada Mahasiswa.” Humanitas (Jurnal Psikologi) 1(2):81. doi: 10.28932/humanitas.v1i2.418.
Asrowi, Asrowi, Agus Tri Susilo, and Agit Purwo Hartanto. (2020). “Academic Burnout Pada Peserta Didik Terdampak Pandemi Covid-19.” GCouns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5(1):123–30. doi: 10.31316/g.couns.v5i1.1195.
Bai, Q., Bai, S., Dan, Q., Lei, L., & Wang, P. (2019). Mother phubbing and adolescent academic burnout: The mediating role of mental health and the moderating role of agreeableness and neuroticism. Personality and Individual Differences, 109622. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.109622
Bandura, Albert. (1997). Self efficacy The Exercise of Control. First Edit. edited by C. Hastings. United States, Amerika: W. H. Freeman and Company.
Caputo. (1991). Stress and Burnout in Library Service. Canada: Oryx Press.
Farber, Barry A. (2000). “Introduction: Understanding and Treating Burnout in a Changing Culture.” Journal of Clinical Psychology 56(5):589–94. doi: 10.1002/(SICI)1097-4679(200005)56:5<589::AID-JCLP1>3.0.CO;2-S.
Fatmawati, Riya. (2017). “Burnout Pustakawan : Faktor-Faktor Dan Dampak.” Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumen 9(1):103–14.
Fontes, Flávio Fernandes. (2020). “Herbert J. Freudenberger and the Making of Burnout as a Psychopathological Syndrome.” Memorandum: Memória e História Em Psicologia 37(4). doi: 10.35699/1676-1669.2020.19144.
Fyana, Lie, and Yuli Asmi Rozali. (2018). “Perbedaan Burnout Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Karyawan Bank Abc.” Jurnal Psikologi 962(9):1–8.
Gibson. Ivancevich, Donnely. (1993). Organisasi, Perilaku, Struktur Dan Proses. Jakarta: Erlangga.
Hanafi, Muhammad, Rahma Widyana, Siti., and Noor Fatmah. (2021). “Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Burnout Pada Perawat Di RSU X Di Kabupaten Bantul Yogyakarta.” Jurnal Psikologi 17(1):1–11.
Indiawati, Citra. Sya’diyah, Hidayatus. Rachmawati, Dhian Sastra. Suhardiningsih, Sri. (2022). “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Burnout Syndrome Perawat Di RS Darmo.” Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Vol 11(1).
Lee, R. T., & Ashforth, B. E. (2019). A meta-analytic examination of the correlates of the three dimensions of job burnout A Meta-Analytic Examination of the Correlates of the Three Dimensions of Job Burnout. October. https://doi.org/10.1037/0021-9010.81.2.123
Lee, S. J., Choi, Y. J., & Chae, H. (2017). The effects of personality traits on academic burnout in Korean medical students. Integrative Medicine Research, 6(2), 207–213. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.imr.2017.03.005
Luh, Ni, Putu Dian, Yunita Sari Program, Studi S1, Keperawatan Stikes, and Bina Usada Bali. (2016). “Hubungan Beban Kerja Terhadap Burnout Syndrome Pada Perawat Pelaksana Ruang Intermediet RSUP Sanglah.” Jurnal Dunia Kesehatan 5(2):87–92.
Luh, Ni, Kade Nadia, and I. Made Rustika. (2019). “Peran Self Regulated Learning Dan Task Commitment Terhadap Prestasi Akademik Remaja Akhir Yang Kuliah Dan Bekerja Paruh Waktu Di Denpasar Dan Badung.” Jurnal Psikologi Udayana 6(1):171–81.
Maharani, Asri. Wardhani, Viera. (2011). “Analisis Pengaruh Kepemilikan Asuransi Kesehatan Terhadap Kemauan Membayar Produk Pelayanan Laboratorium.” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 14(01):44–48.
Maslach, Christina, Wilmar B. Schaufeli, and Michael P. Leiter. (2001). “Job Burnout.” Annual Review of Psychology 52(May 2014):397–422. doi: 10.1146/annurev.psych.52.1.397.
Nauvalia, Chozina. (2021). “Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Academic Self-Efficacy: Sebuah Tinjauan Literatur.” Cognicia 9(1):36–39. doi: 10.22219/cognicia.v9i1.14138.
Nityaswati, Silvia. (2021). “Hubungan Antara Self efficacy Dan Burnout Dalam Menghadapi Kuliah Pada Mahasiswa.” Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Orpina, Septriyan, and Sowanya Ardi Prahara. (2019). “Self-Efficacy Dan Burnout Akademik Pada Mahasiswa Yang Bekerja.” Indonesian Journal of Educational Counseling 3(2):119–30. doi: 10.30653/001.201932.93.
Papalia, D. E, Olds, S. W dan Feldman, R. D. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan Edisi Kesepuluh). 9th ed. Jakarta: Erlangga.
Permatasari, Devi, Leny Latifah, and Parid Rilo Pambudi. (2021). “Studi Academic Burnout Dan Self-Efficacy Mahasiswa.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 4(2):373–84.
Rad, Mostafa, Nematullah Shomoossi, Mohammad Hassan Rakhshani, and Marzieh Torkmannejad Sabzevari. (2017). “Psychological Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran.” Acta Facultatis Medicae Naissensis 34(4):311–19. doi: 10.1515/afmnai2017-0035.
Rahmati, Zeinab. (2015). “The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level of Self-Efficacy.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 171(1996):49–55. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.087.
Sani, Muhamad, Rosyad Hasbillah, and Diana Rahmasari. (2022). “Burnout Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Tugas Akhir.” Jurnal Penelitian Psikologi 9(6):122–32.
Statistik, Badan Pusat. (2020). Statistik Indonesia 2020. Jakarta: Book Gallery BPS.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). 2nd ed. Bandung: Alfabeta.
Taluke, Dryon, Ricky S. M. Lakat, Amanda. Sembel. (2019). “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat.” Spasial 6(2):531–40.
Wang, Y.-L., & Tsai, C.-C. (2016). Taiwanese students’ science learning self-efficacy and teacher and student science hardiness: A multilevel model approach. European Journal of Psychology of Education, 31(4), 537–555.
Yang, Fan, Xiaodong Li, Yimin Zhu, Yulong Li, and Chunlin Wu. (2017). “Job Burnout of Construction Project Managers in China: A CrossSectional Analysis.” International Journal of Project Management 35(7):1272–87. doi: 10.1016/j.ijproman.2017.06.005.
Yang, Hui Jen. (2004). “Factors Affecting Student Burnout and Academic Achievement in Multiple Enrollment Programs in Taiwan’s TechnicalVocational Colleges.” International Journal of Educational Development 24(3):283–301. doi: 10.1016/j.ijedudev.2003.12.001.
Zajacova, Anna. (2005). “Self-Efficacy , Stress , and Academic Success in College Success in Collage.” Researches in Higher Education 46(6):677–708. doi: 10.1007/s11162-004-4139-z.
Zajacova, Anna, Scott M. Lynch, and Thomas J. Espenshade. (2005). “Self-Efficacy, Stress, and Academic Success in College.” Research in Higher Education 46(6):677–706. doi: 10.1007/s11162-004-4139-z.
Zhang, Lei, Cheng Ta Li, Tung Ping Su, Xian Zhang Hu, Ruth A. Lanius, Maree J. Webster, Ming Yi Chung, Ying Sheue Chen, Ya Mei Bai, Jeffery L. Barker, James E. Barrett, Xiao Xia Li, He Li, David M. Benedek, and Robert Ursano. (2011). “P11 Expression and PET in Bipolar Disorders.” Journal of Psychiatric Research 45(11):1426–31. doi: 10.1016/j.jpsychires.2011.06.006.
Published
2023-07-11
How to Cite
PRANOTO, Jessica Pramesti; WIBOWO, Doddy Hendro. Peran Self efficacy terhadap Burnout yang Dimoderatori Jenis Kelamin pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 286-295, july 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/98602>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2023.v10.i01.p08.
Section
Articles