Kondisi Mahasiswa Tahun Pertama
Perlukah Self-Efficacy dalam Menghadapi Stres Akademik di masa Pandemi?
Abstract
Tahun pertama bagi mahasiswa merupakan masa transisi yang kompleks, selain itu di masa pandemi Covid-19 juga terdapat berbagai kendala akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mahasiswa yang tidak mampu menghadapi tantangan dan kendala tersebut berpotensi mengalami stres akademik yang dapat berdampak secara negatif bagi mereka. Mahasiswa tahun pertama memerlukan keyakinan yang kuat pada kemampuan yang dimiliki agar mereka mampu mengelola dan memaksimalkan potensinya untuk menghadapi tantangan transisi dan kendala PJJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandemi. Penelitian ini diikuti oleh 274 mahasiswa tahun pertama dari berbagai perguruan tinggi dengan rentang usia 18-21 tahun. Self-efficacy dalam penelitian ini diukur menggunakan skala Self-efficacy, sedangkan stres akademik diukur menggunakan alat ukur Stressor Scale for College Student. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandemi Covid-19 sebesar 13,6%.
Downloads
References
Akmal, S. Z., & Kumalasari, D. (2021). Online Learning Readiness and Well-Being in Indonesia College Students during Pandemic: Academic Stress as a Moderator. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology. doi:10.24854/jpu206.
Alfina, O. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46. doi:10.46880/methoda.Vol10No1.pp38-46.
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149. doi:10.24014/jp.v14i2.9221.
Arnett, J.J. (2014). Emerging Adulthood: The Winding Road From The Late Teens Through The Twenties. New York, NY: Oxford University Press. doi:10.1093/acprof:oso/9780199929382.001.0001.
Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83-93. doi:10.36269/psyche.v3i1.283.
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40-47. doi:10.29210/120182136.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.
Estiane, U. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental 4(1), 29-40.
Firdaus, A. R., Sismiati, A., & Tjalla, A. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNJ. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 1-6. doi:10.21009/INSIGHT.022.01.
Hadiwijaya, K., Fiftiyanti, Y., Wulandari, T., Noviasari, E., Rini, I. S., Ariasti, R. F., … & Ningsih, H. A. (2014). Efikasi Diri sebagai Moderator Hubungan antara Harapan Akademik, Prokrastinasi, dan Stres Akademik. In Management Dynamics Conference.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di masa COVID-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. doi:10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.
Helsa & Lidiawati, Krishervina. R. (2021). Peran Self-Efficacy Terhadap Student Engagement Pada Mahasiswa Dalam Pandemi Covid 19. Psibernetika, 14(2), 83–93. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v14i2.2887
Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(3), 172-178.
Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1). doi:10.24036/00600.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.
Lidiawati, K. R., Sinaga, N., & Rebecca, I. (2020). Peranan Efikasi Diri dan Intelegensi terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa di Universitas XYZ. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 110-120. doi:10.24843/JPU.2020.v07.i02.p10.
Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning Task” Attributable to Students Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208. doi:10.32584/jikj.v3i2.590.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 10(1), 31-39. doi:10.30872/psikostudia.v10i1.5454.
Maddux, J. E., & Gosselin, J. T. (2012). Self-efficacy. Handbook of self and identity (2nd ed.). New York: The Guilford Press, 2012.
Moma, L. (2014). Self-Efficacy Matematik pada Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85-94.
Novanda, B. F. (2018). Hubungan antara Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(2). doi:10.29406/arz.v6i2.1098.
Putri, G. A. N. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 104-111. doi:10.20473/brpkm.v1i1.24573.
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73-84. doi:10.24198/jpsp.v4i2.26681.
Rinaldi, M. R., & Yuniasanti, R. (2020). Kecemasan pada Masyarakat Saat Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. COVID-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif, 137-150.
Riswantyo, A. T., & Lidiawati, K. R. (2021). The Influence of Self-Efficacy on Resilience in Students Who Work in Thesis. 8(1), 35–39.
Safira, L., & Hartati, M. T. S. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 125-136.
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 1(2), 43-52. doi:10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52.
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289. doi:10.24843/JPU.2015.v02.i02.p16.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara Resiliensi dengan Stres pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnla Penelitian Psikologi, 7(2), 59-76.
Septiningwulan, A. E., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara Peer Attachment dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Psikologi UNESA selama Masa Pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).
Sianipar, N. A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Fear of Missing Out (Fomo) pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 8(1), 136-143.
Sopiyanti, F. (2011). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289-304. doi:10.15575/psy.v4i1.2197.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64-68. doi:10.0324/sigma.vli2.68.
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20-27. doi:10.26539/teraputik.41294.
Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2021). Student Perceptions of Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16-21. doi:10.21070/kanal.v9i1.685.
Woolfolk, A. (2007). Educational Psychology Tenth Edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Wulandari, S., & Rachmawati, M. A. (2014). Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas Program Akselerasi. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 19(2), 146-155. doi:10.20885/psikologika.vol19.iss2.art5.
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Stress Akademik. Psche 165 Journal, 13(2), 235-239. doi:10.29165/psikologi.v13i2.1363.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).