Kondisi Mahasiswa Tahun Pertama

Perlukah Self-Efficacy dalam Menghadapi Stres Akademik di masa Pandemi?

  • Fannie Sayreinnie Pitoy Universitas Pelita Harapan
  • Krishervina Rani Lidiawati

Abstract

Tahun pertama bagi mahasiswa merupakan masa transisi yang kompleks, selain itu di masa pandemi Covid-19 juga terdapat berbagai kendala akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mahasiswa yang tidak mampu menghadapi tantangan dan kendala tersebut berpotensi mengalami stres akademik yang dapat berdampak secara negatif bagi mereka. Mahasiswa tahun pertama memerlukan keyakinan yang kuat pada kemampuan yang dimiliki agar mereka mampu mengelola dan memaksimalkan potensinya untuk menghadapi tantangan transisi dan kendala PJJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandemi. Penelitian ini diikuti oleh 274 mahasiswa tahun pertama dari berbagai perguruan tinggi dengan rentang usia 18-21 tahun. Self-efficacy dalam penelitian ini diukur menggunakan skala Self-efficacy, sedangkan stres akademik diukur menggunakan alat ukur Stressor Scale for College Student. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandemi Covid-19 sebesar 13,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, B. C., Mayasari, S., & Pratama, M. J. (2019). Identifikasi Stresor Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(1).
Akmal, S. Z., & Kumalasari, D. (2021). Online Learning Readiness and Well-Being in Indonesia College Students during Pandemic: Academic Stress as a Moderator. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology. doi:10.24854/jpu206.
Alfina, O. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46. doi:10.46880/methoda.Vol10No1.pp38-46.
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149. doi:10.24014/jp.v14i2.9221.
Arnett, J.J. (2014). Emerging Adulthood: The Winding Road From The Late Teens Through The Twenties. New York, NY: Oxford University Press. doi:10.1093/acprof:oso/9780199929382.001.0001.
Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83-93. doi:10.36269/psyche.v3i1.283.
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40-47. doi:10.29210/120182136.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.
Estiane, U. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental 4(1), 29-40.
Firdaus, A. R., Sismiati, A., & Tjalla, A. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNJ. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 1-6. doi:10.21009/INSIGHT.022.01.
Hadiwijaya, K., Fiftiyanti, Y., Wulandari, T., Noviasari, E., Rini, I. S., Ariasti, R. F., … & Ningsih, H. A. (2014). Efikasi Diri sebagai Moderator Hubungan antara Harapan Akademik, Prokrastinasi, dan Stres Akademik. In Management Dynamics Conference.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di masa COVID-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. doi:10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.
Helsa & Lidiawati, Krishervina. R. (2021). Peran Self-Efficacy Terhadap Student Engagement Pada Mahasiswa Dalam Pandemi Covid 19. Psibernetika, 14(2), 83–93. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v14i2.2887
Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(3), 172-178.
Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1). doi:10.24036/00600.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.
Lidiawati, K. R., Sinaga, N., & Rebecca, I. (2020). Peranan Efikasi Diri dan Intelegensi terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa di Universitas XYZ. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 110-120. doi:10.24843/JPU.2020.v07.i02.p10.
Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning Task” Attributable to Students Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208. doi:10.32584/jikj.v3i2.590.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 10(1), 31-39. doi:10.30872/psikostudia.v10i1.5454.
Maddux, J. E., & Gosselin, J. T. (2012). Self-efficacy. Handbook of self and identity (2nd ed.). New York: The Guilford Press, 2012.
Moma, L. (2014). Self-Efficacy Matematik pada Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85-94.
Novanda, B. F. (2018). Hubungan antara Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(2). doi:10.29406/arz.v6i2.1098.
Putri, G. A. N. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 104-111. doi:10.20473/brpkm.v1i1.24573.
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73-84. doi:10.24198/jpsp.v4i2.26681.
Rinaldi, M. R., & Yuniasanti, R. (2020). Kecemasan pada Masyarakat Saat Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. COVID-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif, 137-150.
Riswantyo, A. T., & Lidiawati, K. R. (2021). The Influence of Self-Efficacy on Resilience in Students Who Work in Thesis. 8(1), 35–39.
Safira, L., & Hartati, M. T. S. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 125-136.
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 1(2), 43-52. doi:10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52.
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289. doi:10.24843/JPU.2015.v02.i02.p16.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara Resiliensi dengan Stres pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnla Penelitian Psikologi, 7(2), 59-76.
Septiningwulan, A. E., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara Peer Attachment dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Psikologi UNESA selama Masa Pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).
Sianipar, N. A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Fear of Missing Out (Fomo) pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 8(1), 136-143.
Sopiyanti, F. (2011). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289-304. doi:10.15575/psy.v4i1.2197.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64-68. doi:10.0324/sigma.vli2.68.
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20-27. doi:10.26539/teraputik.41294.
Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2021). Student Perceptions of Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16-21. doi:10.21070/kanal.v9i1.685.
Woolfolk, A. (2007). Educational Psychology Tenth Edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Wulandari, S., & Rachmawati, M. A. (2014). Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas Program Akselerasi. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 19(2), 146-155. doi:10.20885/psikologika.vol19.iss2.art5.
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Stress Akademik. Psche 165 Journal, 13(2), 235-239. doi:10.29165/psikologi.v13i2.1363.
Published
2023-05-09
How to Cite
PITOY, Fannie Sayreinnie; LIDIAWATI, Krishervina Rani. Kondisi Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 274-285, may 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/98504>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2023.v10.i01.p07.
Section
Articles