Hubungan Dark Triad dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

  • Yeni Damayanti Universitas Nusa Cendana

Abstract

Abstrak


 


Kejadian bullying yang terjadi di lingkungan institusi pendidikan menjadi perhatian berbagai kalangan. Seseorang yang melakukan bullying memiliki sifat suka mendominasi, suka memanfaatkan orang lain, sulit melihat situasi dari titik pandang orang lain, serta haus akan perhatian. Dark triad adalah sisi gelap manusia yang mendukung terjadinya perilaku bullying. Dark triad erat hubungannya dengan sikap eksploitatif, manipulatif, dan sifat yang tidak berperasaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dark triad dengan kecenderungan perilaku bullying mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 269 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang terdiri dari dua skala yaitu, Dark Triad of Personality (D3-Short) dan skala Adolescent Peer Relations Instrument (APRI). Hasil uji korelasi Spearman’s Rho menunjukkan bahwa machiavellianism, narcissism, dan psychopathy memiliki hubungan yang positif dengan kecenderungan perilaku bullying (machiavellianism r=0,374; narcissism r=0,334; psychopathy r=0,484 ). Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi machiavellianism, narcissism, dan psychopathy mahasiswa, maka semakin tinggi kecenderungan perilaku bullying mahasiswa, begitu juga sebaliknya.


 


Kata kunci: Dark triad, kecenderungan perilaku bullying, machiavellianism, narcissism, psychopathy


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, N. (2019). Pengaruh dark triad personality terhadap depresi pada mahasiswa psikologi. Universitas Negeri Semarang.
Andreou, E. (2004). Bully / victim problems and their association with Machiavellianism and self-efficacy in Greek primary school children. British Journal of Educational Psychology, 74, 297–309.
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Baughman, H. M., Dearing, S., Giammarco, E., & Vernon, P. A. (2012). Relationships between bullying behaviours and the Dark Triad : A study with adults. Personality and Individual Differences, 52(5), 571–575. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.11.020
Dåderman, A. M., & Ragnestål-impola, C. (2019). Heliyon Workplace bullies , not their victims , score high on the Dark Triad and Extraversion , and low on Agreeableness and Honesty-Humility. Heliyon, 5(October), e02609. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02609
Empati, J., Purnaningtyas, L. F., & Masykur, A. M. (2015). KONSEP DIRI DAN KECENDERUNGAN BULLYING. Jurnal Empati, 4(4), 186–190.
Fanti, K. A., & Frangou, G. (2018). Narcissism and Bullying. Handbook of Trait Narcissism. https://doi.org/10.1007/978-3-319-92171-6
Fanti, K. A., & Henrich, C. C. (2015). Effects of Self-Esteem and Narcissism on Bullying and Victimization During Early Adolescence. Journal of Early Adolescence, 35(1), 5–29. https://doi.org/10.1177/0272431613519498
Fanti, K. A., & Kimonis, E. R. (2012). Bullying and Victimization: The Role of Conduct Problems and Psychopathic Traits. Journal of Research on Adolescence, 22(4), 617–631. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2012.00809.x
Fanti, K. A., & Kimonis, E. R. (2013). Dimensions of juvenile psychopathy distinguish “Bullies,” “Bully-Victims,” and “Victims.” Psychology of Violence, 3, 396–409.
KPAI. (2021). Data Kasus Perlindungan Anak 2016 – 2020. Https://Bankdata.Kpai.Go.Id/Bankdata.Kpai.Go.Id/. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020
Muzdalifah, F., Afriyanto, H. B., Psikologi, J., Jakarta, U. N., Psikologi, J., & Jakarta, U. N. (2014). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 3, 59–64.
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Experience Human Developmen (12th ed.). Salemba Humanika.
Pilch, I., & Turska, E. (2015). Relationships Between Machiavellianism, Organizational Culture, and Workplace Bullying: Emotional Abuse from the Target’s and the Perpetrator’s Perspective. Journal of Business Ethics, 128(1), 83–93. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2081-3
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 24–30.
Reijntjes, A., & Vermande, M. (2015). Narcissism , Bullying , and Social Dominance in Youth : A Longitudinal Analysis. J Abnorm Child Psychol, 44(2001). https://doi.org/10.1007/s10802-015-9974-1
Sandri, R. (2015). Perilaku Bullying Pada Remaja Panti Asuhan Ditinjau Dari Kelekatan Dengan Teman Sebaya Dan Harga Diri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 43–57.
Stellwagen, K. K., & Kerig, P. K. (2013). Ringleader Bullying : Association with Psychopathic Narcissism and Theory of Mind Among Child Psychiatric Inpatients. Child Psychiatry Hum Dev, 44, 612–620. https://doi.org/10.1007/s10578-012-0355-5
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Taunu, T. W. D. (2021). Perilaku Perundungan (Bullying) pada Mahasiswa. Universitas Nusa Cendana.
Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.
Published
2023-12-07
How to Cite
DAMAYANTI, Yeni. Hubungan Dark Triad dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Mahasiswa Universitas Nusa Cendana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 411-419, dec. 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/98285>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843//JPU.2023.v10.i02.p10.
Section
Articles