Hubungan antara Perceived Usefulness dengan Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Aplikasi Kesehatan X

  • Niken Sukma Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Unduhan maupun transaksi pada aplikasi kesehatan di Indonesia meningkat secara drastis sejak pandemi Covid-19, tidak terkecuali pada aplikasi kesehatan X sebagai aplikasi kesehatan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pengguna yang didominasi oleh generasi milenial membuat kepuasan para penggunanya menjadi perhatian khusus bagi aplikasi kesehatan X. Dalam kepuasan pelanggan, terdapat faktor kinerja dimana pelanggan akan cenderung puas jika kinerja yang ditunjukkan juga baik. Salah satu kinerja suatu produk dapat ditunjukkan oleh seberapa besar manfaat yang dirasakan pelanggan yang dikenal dengan perceived usefulness. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perceived usefulness dengan kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi kesehatan X. Pendekatan kuantitatif dan metode convenience sampling digunakan dalam penelitian ini dengan kriteria yang diteliti adalah individu yang lahir tahun 1980-2000 (generasi milenial) dan menggunakan aplikasi kesehatan X minimal 2 kali dalam setahun terakhir. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan kepada 400 pengguna aplikasi kesehatan X dengan kuesioner yang disusun dengan 2 skala. Skala perceived usefulness memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,951, sedangkan skala kepuasan pelanggan sebesar 0,936. Analisis korelasi Pearson product moment digunakan untuk menganalisis data dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perceived usefulness dengan kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi kesehatan X dengan nilai signifikansinya 0,000 dan nilai korelasi Pearsonnya 0,763. Hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan antara kedua variabel menunjukkan arah positif dengan tingkat korelasi kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, D. A., Nelson, R. R., & Todd, P. A. (1992). Perceived usefulness, ease of use, and usage of information technology: A replication. MIS Quarterly, 16(2), 227–247. https://doi.org/10.2307/249577
Alfaridzi, M., & Budiani, M. (2021). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan X. Character: Jurnal
Penelitian Psikologi., 8(8), 17–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41667
ang & Satgas Covid-19. (2020). Pandemi covid-19 dongkrak trafik konsultasi kesehatan online. CNN Indonesia.
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201107161328-260-567106/pandemi-covid-19-dongkrak-trafik-konsultasi-kesehatan-online
Arradian, D. (2020). Mayoritas penggunanya wanita, Halodoc tambah fitur kalender menstruasi. Halodoc. https://tekno.sindonews.com/read/245466/207/mayoritas-penggunanya-wanita-halodoc-tambah-fitur-kalender-menstruasi-1606299109
Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik gender tematik: Profil generasi milenial Indonesia. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acdebuku-profil-generasi-milenia.pdf
Basyar, K., & Sanaji, S. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap niat beli ulang secara online dengan kepuasan sebagai variabel intervening. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 204–2017. https://doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p204-217
Bestsennyy, O., Gilbert, G., Harris, A., & Rost, J. (2020). Telehealth: A quarter-trillion-dollar post-COVID-19 reality? McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Industries/Healthcare Systems and Services/Our Insights/Telehealth A quarter trillion dollar post COVID 19 reality/Telehealth-A-quarter-trilliondollar-post-COVID-19-reality.pdf
Burhan, F. (2021). Pengguna halodoc naik dua kali lipat, layanan dokter paling diminati. Katadata. https://katadata.co.id/yuliawati/digital/603cc92f0dd5d/pengguna-halodoc-naik-dua-kali-lipat-layanan-dokter-paling-diminati
CB Insights. (2020). Digital health startups redefining healthcare. https://www.cbinsights.com/research/report/digital-health-startups-redefininghealthcare/
Chung, K.-H., & Shin, J.-I. (2010). The antecedents and consequents of relationship quality in internet shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 22(4), 473–491. https://doi.org/10.1108/13555851011090510
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Davis, F. D. (1993). User acceptance of information technology: System characteristics, user perceptions and behavioral impacts. International Journal of Man-Machine Studies, 38(3), 475–487. https://doi.org/10.1006/imms.1993.1022
Dewi, K. A. (2018). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43–55. https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55
Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (Studi pada pengunjung toko online berrybenka.com di kalangan mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 239–250. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14193
Griffin, J., & Herres, R. (2002). Customer loyalty: How to earn it, how to keep it. Wiley.
Halodoc. (n.d.). No Title. Halodoc. https://www.halodoc.com/media
Halodoc. (2021). Lima tahun berinovasi, halodoc terus fokus jawab tantangan kesehatan di Indonesia. Halodoc.
https://www.halodoc.com/media/lima-tahun-berinovasi-halodoc-terus-fokus-jawab-tantangan-kesehatan-di-indonesia
Handayani, E., & Budiani, M. (2021). Hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan autonomy support dengan job crafting pada guru SMAN 2 Blitar. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 8(3), 111–125. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41204
Indrawati, I., Raman, M., Wai, C., Ariyanti, M., Mansur, D., Marhaeni, G., Tohir, L., Gaffar, M., Has, M., & Yuliansyah, S. (2017). Perilaku konsumen individu dalam mengadopsi layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Refika Aditama.
Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8. https://www.semanticscholar.org/paper/ANALISAPENGARUH-KUALITAS-PRODUK-TERHADAP-LOYALITAS-Edwin/c67dac6daea370f2f448acdb6f559d2f6bc71236
Jamil, M., Khairan, A., & Fuad, A. (2015). Implementasi aplikasi telemedicine berbasis jejaring sosial dengan pemanfaatan teknologi cloud computing. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 1(1). https://doi.org/Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson. https://id1lib.org/book/3412984/94146a
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson. https://id1lib.org/book/3357739/fa6044
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh perceived usefulness dan trust terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82–91. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Mahendra, Y., & Zuliestiana, D. (2019). Pengaruh “website functionality”, “perceived usability”, dan “perceived usefulness” terhadap kepuasan pelanggan Lazada. E-Proceeding of Management, 6(2), 2810–2816. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/151933/jurnal_eproc/pengaruh-website-functionality-perceived-usability-danperceived-usefulness-terhadap-kepuasan-pelanggan-lazada.pdf
Mulyana, R. (2021a). Pandemi covid-19 mendongkrak penggunaan platform healthtech hingga empat kali. Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/pandemi-covid-19-mendongkrak-penggunaan-platform-healthtech-hingga-empat-kali-lipat
Mulyana, R. (2021b). Punya 20 juta pengguna aktif bulanan, begini fokus Halodoc selama masa pandemi. Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/punya-20-juta-pengguna-aktif-bulanan-begini-fokus-halodoc-selama-masa-pandemi
Pambudi, R. (2020). Pengaruh promotion, perceived ease of use, perceived usefulness terhadap customer satisfaction pengguna transaksi gopay (Studi pada pengguna transaksi gopay di Kabupaten Kebumen) (pp. 1–8). http://lib.stieputrabangsa.ac.id/repository/165502775.pdf
Purnama, I. (2021). Penggunaan aplikasi kesehatan naik pesat saat pandemi, ini buktinya. IDX Channel. https://www.idxchannel.com/economics/penggunaan-aplikasi-kesehatan-naik-pesat-saat-pandemi-ini-buktinya
Pusparisa, Y. (2020). Indonesia Peringkat ke-3 Global Memanfaatkan Aplikasi Kesehatan. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/13/indonesia-peringkat-ke-3-global-memanfaatkan-aplikasi-kesehatan
Sangadji, E., & Sopiah, S. (2013). Perilaku konsumen: Pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. ANDI.
Sari, G., & Wirman, W. (2021). Telemedicine sebagai media konsultasi kesehatan di masa pandemic COVID 19 di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 43–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10181
Semuel, H., & Wibisono, J. (2019). Brand image, customer satisfaction dan customer loyalty jaringan supermarket Superindo di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 27–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.27-34
Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, computer self efficacy, dan kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suparwo, A., & Syarifuddin, D. (2017). Membangun kepuasan pelanggan serta komunikasi lisan (Studi pada produk MLM Fortico di Kota Bandung). Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 127–138. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jeco.v1i1.1829
Tandon, U., Kiran, R., & Sah, A. N. (2016). Analysing the complexities of website functionality, perceived ease of use and perceived usefulness on customer satisfaction of online shoppers in India. International Journal of Electronic Marketing and Retailing, 7(2), 115–140. https://doi.org/10.1504/IJEMR.2016.077118
The Healthcare Technology Report. (2021). The top 100 healthcare technology companies of 2021. The Healthcare Technology Report. https://thehealthcaretechnologyreport.com/the-top-100-healthcare-technology-companies-of-2021/
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian. ANDI.
Trisnawati, E., Assegaff, S., & Rohaini, E. (2019). Pengaruh perceived ease of use, perceive usefulness, service quality, perceived value terhadap customer satisfaction pada pengguna Grab (Studi kasus mahasiswa STIKOM DB Jambi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, 1(2), 82–96. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimsi/article/view/693
Uly, Y. (2021). Jumlah unduhan aplikasi halodoc naik dua kali lipat sejak pandemi. Kompas. https://money.kompas.com/read/2021/05/04/192012926/jumlah-unduhan-aplikasi-halodoc-naik-dua-kali-lipat-sejak-pandemi
Usaria. (2021). How delivery apps are adapting their service during the COVID-19 pandemic? Usaria. https://usaria.mx/global-research/en/
Wahyuni, N., & Ekawati, N. (2018). Peran kepuasan pelanggan dalam memediasi kualitas layanan terhadap word of mouth. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(5), 2823–2855. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i05.p20
Wahyuni, R., & Nurbojatmiko. (2017). Explaining acceptance of e-health services: An extension of TAM and health belief model approach. 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 1–7. https://doi.org/10.1109/CITSM.2017.8089239
Wen, C., Prybutok, V., & Xu, C. (2011). An integrated model for customer online repurchase intention. Journal of Computer Information Systems, 52(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08874417.2011.11645518
Wiwoho, G. (2019). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap customer satisfaction dan repurchase intention pengguna aplikasi OVO. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 53–61. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.530
Yogi, K., & Pramudana, K. (2021). The effect of ease of transactions, price and perceived usefulness on customer satisfaction for Gopay’s feature
in Gojek application. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(5), 44–52. https://www.ajhssr.com/wpcontent/uploads/2021/05/G21554452.pdf
Yuniarti, V. (2015). Perilaku konsumen teori dan praktik. Pustaka Setia.
Published
2023-04-27
How to Cite
NINGRUM, Niken Sukma; BUDIANI, Meita Santi. Hubungan antara Perceived Usefulness dengan Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Aplikasi Kesehatan X. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 261-273, apr. 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/97062>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2023.v10.i01.p06.
Section
Articles