Peran dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA di Kota Denpasar
Abstract
Motivasi belajar diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri individu yang menimbulkan, menjamin kelangsungan, serta memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan tertentu. Terwujudnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA di Kota Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari SMA Negeri 1 Denpasar dan SMA Dwijendra berjumlah 266 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Belajar, Skala Dukungan Sosial Orangtua, dan Skala Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Pedagogik Guru. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,540 dan koefisien determinasi sebesar 0,292, dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama berperan terhadap motivasi belajar dengan memberikan pengaruh sebesar 29,2%. Dukungan sosial orangtua berperan terhadap motivasi belajar, begitu pula persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru berperan terhadap motivasi belajar.
Kata kunci: Dukungan sosial orangtua, motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru
Downloads
References
Al-Ajami, H., & Soeharto, T. N. (2014). Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada siswa di MTS Ibadurrahman Tibu Sisok desa Loang Maka Lombok Tengah tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(2), 178-198. Diakses dari http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/soshum/article/view/144
Ali, M., & Asrori, M. (2015). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifah, F. N. (2016). Menjadi guru teladan, kreatif, inspiratif, motivatif, dan profesional. Yogyakarta: Araska.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahri, S. D. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Baumeister, R. F., & Bushman, B. J. (2011). Social psychology and human nature (2nd ed.). Belmont: Cengage Learning.
Chaplin, J. P. (2009). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace. San Francisco: Jossey Bass a Willey Company.
Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2015). Psikologi belajar (Edisi 2). Jakarta: Rineka Cipta.
Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd ed.). Singapura: SAGE Publications Asia-Pasific Pte Ltd.
Ghozali, H. M. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghufron, N., & Risnawita. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruzz Media.
Hamzah. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
King, L. A. (2014). Psikologi umum: sebuah pandangan apresiatif (Buku 1). Jakarta: Salemba Humanika.
King, L. A. (2014). Psikologi umum: sebuah pandangan apresiatif (Buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Kupas tuntas kompetensi pedagogik: teori dan praktik. Jakarta: Kata Pena.
Kusumawardani, D. A., & Rustiana, A. (2015). Pengaruh kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, dan lingkungan belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wijayakusuma Jatilawang. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 58-69. Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga: penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Monks, F. J., Knoers, A. M., & Haditono, S. R. (2014). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mulyadi, S., Basuki, A. M., & Rahardjo, W. (2017). Psikologi pendidikan dengan pendekatan teori-teori baru dalam psikologi. Depok: Rajagrafindo Persada.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. (2017). Statistik kesejahteraan rakyat Provinsi Bali 2017. Denpasar: BPS Provinsi Bali.
Pandia, W. H., Munir, A., & Azis, A. (2017). Hubungan harga diri siswa dan pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Analitika, 7(2), 80-87. Diakses dari http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/download/821/789
Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2011). Hubungan antara persepsi terhadap metode pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 92-102. Diakses dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/2915/2599
Prihatin, E. (2011). Manajemen peserta didik. Bandung: Alfabeta.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Riduwan. (2014). Pengantar statistika sosial. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran: berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santoso, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2007a). Remaja (Edisi 11, jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2007b). Remaja (Edisi 11, jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Sarafino, E., & Smith, T. (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions. New York: John Wiley & Sons Inc.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, E. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved from https://kbbi.web.id/siswa
Sigala, L. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang pernah mengikuti remidial kimia di SMA ITCI Penajam Paser Utara (khusus siswa-siswi ilmu pengetahuan alam). Psikoborneo, 4(3), 462-469. Diakses dari http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/09/Jurnal%20LISA%20-%20ONLINE%20(09-26-16-10-42-35).pdf
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik: edisi kesembilan (Jilid 1). Jakarta: Indeks.
Soemanto, W. (2012). Psikologi pendidikan: landasan kerja pemimpin pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Subini, N. (2012). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(02), 43-47. Diakses dari http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-10730-11_0032.pdf
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2014). Metodologi penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suryabrata, S. (2015). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tan, J. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 1(1), 1-8. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/2191/1749
Taylor, S. E. (2009). Health psychology. New York: McGraw-Hill.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial (Edisi 12). Jakarta: Kencana.
Uno, H. B. (2016). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, R. (2016). Psikologi belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Widiasworo, E. (2017). Masalah-masalah peserta didik. Yoyakarta: Araska.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).