Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah

  • Kadek Dwinita Viandari Universitas Udayana
  • Kadek Pande Ary Susilawati Universitas Udayana

Abstract

Masa prasekolah adalah masa anak-anak belajar mengenal lingkungan sosial, mengembangkan potensi yang dimiliki, dan membentuk kemandirian. Kemampuan berinteraksi sosial yang baik sangat diperlukan pada masa ini, guna mencapai perkembangan sosial yang optimal. Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak dapat mempengaruhi kemampuan interaksi sosial anak. Belajar dari figur orangtua, anak-anak dapat menerapkan cara berinteraksi dan melakukan hubungan timbal balik dengan teman seusianya. Penggunaan teknologi gadget pada anak prasekolah juga dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap interaksi sosial anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak Adhi Mekar dan Taman Kanak-Kanak Bintang Besar yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala interaksi sosial, skala pola asuh orangtua, dan angket penggunaan gadget. Hipotesis penelitian diuji menggunakan teknik analysis of covariance (ancova). Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi pada corrected model sebesar 0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh orangtua dan penggunaan gadget secara bersama-sama berperan terhadap interaksi sosial anak prasekolah.


 


Kata kunci: Interaksi sosial, pola asuh orangtua, penggunaan gadget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2009). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2009). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Delima, R., Arianti, N., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Jurnal Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, 1(1).
Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis pengaruh penggunaan media baru terhadap pola interaksi sosial anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18 (2), 12-24.
Euis, S. (2004). Mengasuh anak dengan hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fajrina, H. N. (2015, November 4). Tingkat kecanduan gadget di usia dini semakin mengkhawatirkan. CNN Indonesia.
Gea, A. A., Wulandari, A. P., & Babari, Y. (2003). Character building ii, relasi dengan sesama. Jakarta: PT Gramedia.
Gerungan. (2003). Psikologi sosial. Bandung: PT Eresco
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarsa, S. (2002). Dari anak sampai usia lanjut. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Gunarsa, Y. S. (2003). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Gunawan, M. A. (2017). Hubungan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik. Skripsi. Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola interaksi sosial siswa pengguna gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 01-05.
Hurlock, B. (1993). Psikologi perkembangan edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.
Indrawan, P. (2014). Pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang psikososial anak PAUD. Retrieved April 12, 2017, from http://library.binus.ac.id
Irawan, J., & Armayati, L. (2013). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan bersosialisasi pada remaja. An-Nafs, 8(2), 29-38.
Ismanto, Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan, 3(2).
Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila si kecil bermain gadget. Beranda Agency.
Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Panduan bagi orangtua untuk memahami faktor-faktor anak kecanduan gadget. Bisakimia.
Izzaty, R. E. (2017). Perilaku anak prasekolah, masalah dan cara menghadapinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kartono, K. (1979). Psikologi anak. Bandung: Penerbit Alumni.
Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(2), 26-29.
Mahmudah, S. (2010). Psikologi sosial. Malang: UIN Maliki Press.
Manumpil, B., & Ismanto, Y. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan.
Marsal, A., & Hidayati, F. (2017). Pengaruh smartphone terhadap pola interaksi sosial pada anak balita di lingkungan keluarga pegawai UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78-84.
Maulida, & Hidayahti. (2013). Menelisik pengaruh penggunaan aplikasi gadget terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Mussen, P. (1994). Perkembangan dan kepribadian anak. Jakarta: Archan.
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186.
Pratiwi, A. (2013). Hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan mental anak pada proses tumbuh kembang di SD Bentakan 1 Sukoharjo. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 24-27.
Pratiwi, P. (2015). Bila anak terlalu sering diasuh gadget.
Rideout, V. (2013). Zero to eight: electronic media in the lives of infants, toodlers and preschoolers. Common Sense Media Research Study.
Rowan, C. (2013, Agustus 25). The impact of technology on the developing child. The Huffington Post. Diakses dari http://www.huffingtonpost.com/cris-rowan/technologychildren-
Sanjiwani, N. L., & dkk. (2014). Pola asuh permisif ibu dan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMA Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1, No. 2.
Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak 2. (M. Rahmawati, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Sari, T., & Mitsalia, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak USia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin, Vol. 13, No. 2.
Setiani, W. A. (2017). HUbungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Personal Sosial Anak. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.
Sigman, A. (2010). The impact of screen media on children. a eurovision for parliament, 89-109.
Simamora, A. S. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Pendidikan Dasar di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Soekanto, S. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV. Rajawali.
Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.
Soekanto, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: P.T. Raja Grafindo.
Soetjinigsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Starburger, V. (2011). Children, adolescents, obesity and the media. Pediatrics.
Statistik, B. P. (2017). Banyaknya Sekolah, Murid, dan Guru Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Anfal menurut Kabupaten/Kota Tahun 2013/2014. (Badan Pusat Statistik Provinsi Bali) Retrieved from https://www.bali.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/211
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Suharsono, T. J. (2009). Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4 (3), 112-116.
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedadogia.
Syahra, R. (2003). Modal Sosial: Konsep dan Aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya.
Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. (N. F. Widuri, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Utami, W., & dkk. (2017). Hubungan Tipe Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah di TK Pertiwi 1 Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol. 13, No. 1.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Wulandari, P. Y. (2016, Maret 17). Anak Asuhan Gadget. Liputan 6.
Yanti. (2005). Pola Asuh Orangtua terhadap Perilaku Sosial Anak. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Published
2019-04-27
How to Cite
VIANDARI, Kadek Dwinita; SUSILAWATI, Kadek Pande Ary. Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 76-87, apr. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48628>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p08.
Section
Articles