Peran Kecerdasan Emosi dan Self Control pada Sikap terhadap Perilaku Seksual Pranikah Siswa SMPN di Bali

  • Ni Kadek Dwi Jayanti Ningsih Universitas Udayana
  • Luh Kadek Pande Ary Susilawati Universitas Udayana

Abstract

Dewasa ini banyak ditemukan perilaku seksual pranikah di kalangan remaja, khususnya remaja awal dengan usia 12-15 tahun. Perilaku seksual muncul karena adanya perkembangan seksualitas remaja pada fase pubertas serta dorongan seksual dari dalam diri remaja untuk menonjolkan daya tarik seksual dan memenuhi dorongan seksual. Perilaku seksual pranikah yang dilakukan remaja menunjukkan bahwa remaja memiliki sikap yang positif terhadap perilaku seksual pranikah. Sikap terhadap perilaku seksual pranikah merupakan reaksi positif-negatif atau setuju-tidak setuju terhadap perilaku seksual pranikah. Sikap ini menjadi penting karena suatu sikap dapat memprediksi perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran kecerdasan emosi dan self-control pada sikap terhadap perilaku seksual pranikah siswa SMPN di Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah 206 siswa kelas VIII SMPN di Bali dengan rentang usia 12-15 tahun yang dipilih secara random dengan menggunkan teknik two stage cluster sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi, skala self-control dan skala sikap terhadap periaku seksual pranikah. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan self-control secara bersama-sama berpengaruh pada sikap terhadap periaku seksual pranikah, akan tetapi secara parsial, hanya self-control yang berpengaruh secara signifikan pada sikap terhadap perilaku seksual pranikah, sedangkan kecerdasan emosi tidak berpengaruh secara signifikan pada periaku seksual pranikah.


Kata kunci: Kecerdasan emosi, self-control, sikap terhadap perilaku seksual pranikah, remaja awal.


 


?

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agmo, A. (2007). Functional and dysfunctional sexual behavior: a synthesis of neuroscience and comparative psychology. UK: Elsevier. Diakses dari http://books.google.com/books.
Anggaran, P.A. (2012). Hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku seksual pranikah pada remaja SMA Negeri 3 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Anggreini, N.D. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas perilaku seksual pranikah pada remaja. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Arlyanti, R. (2012). Hubungan antara kontrol diri dengan sikap terhadap perilaku seksual pada remaja Karang Taruna. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Awanis, H. (2016). Hubungan kecerdasan emosional dengan sikap terhadap perilaku seksual pranikah pada siswi di smk negeri 8 medan jurusan tata kecantikan. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area, Medan.
Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2010). Realibilitas dan validitas. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2013). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Blankstein, K.R. & Polivy, J. (1982). Emotion, self-control, and self-modification: an introduction. Dalam Blankstein, K.R. & Polivy, J (Ed). Self-control and self-modification of emotional behavior. (hal 1, 2).
Boeree, G.C. (2013). Personality theories: melacak kepribadian anda bersama psikolog dunia. Diterjemahkan oleh: Inyiak Ridwan Muzir. Jogjakarta: Prismashopie.
Borba, M. (2008). Membangun kesadaran moral: 7 kebijakan utama untuk membentuk anak bermoral tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Diakses dari http://books.google.com/books.
Brier, N.M.(2015). Enhancing self-control in adolescents:treatment strategies derived from psychological science. New York: Routledge. Diakses dari http://books.google.com/books.
Chandra, J. (2006). Cinta rasional. Yogyakarta: Kanius. Diakses dari http://books.google.com/books.
Chomaria, N. (2008). Aku sudah gede: ngobrolin pubertas buat remaja islam. Jawa Tengah: Samudera. Diakses dari http://books.google.com/books.
Cooper, R.K. & Sawaf, A. (1997). Executive EQ: emotional intelligence in leadership and organizations. New York: The Berkley Publishing Group. Diakses dari http://books.google.com/books.
Defaza, S. (2016, Februari 10). Miris! 40% siswi smp dan sma di medan tak virgin lagi. Pojoksatu Online. Diakses tanggal 10 november 2016, dari http://sumut.pojoksatu.id/2016/02/10/miris-40-siswi-smp-dan-sma-di-medan-tak-virgin-lagi/.
Dewi, A.K. (2014). Hubungan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal Developmental and clinical psychology, 3(1), 14-15.
Feist, J. & Feist, G.J. (2010). Teori kepribadian (7th ed). Jakarta: Salemba Humanika.
Fitriani, N.G. (2012). Hubungan pengetahuan dan sikap tentang seks pranikah dengan perilaku seksual pada pada siswa smk xx semarang. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 3(1), 8.
Galliot, M.T. (2005). Self-regulation and sexual restraint: dispositionally and temporarily poor self-regulatory abilities contribute to failure at restraining sexual behavior. Electronic Theses, Treatises and Dissertations, 2-14.
Goleman, D. (2015). Emotional intelligence : mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghufron, M.N., &, Rini, R.S. (2014). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, A.F. (2014). Hubungan kontrol diri dan perilaku seks pranikah pada remaja. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma, Depok.
Himawan, A.H. (2007). Bukan salah tuhan mengazab: ketika perzinaan menjadi berhala kehidupan. Solo: Tiga Serangkai. Diakses dari http://books.google.com/books.
Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Hutagalung, Inge. (2007). Pengembangan kepribadian tinjauan praktis menuju pribadi positif). Jakarta: Indeks.
Istiqomah, N .(2016). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku seks bebas pranikah remaja smk “ktt” di surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya.
Kemenkes RI. (2015). Perilaku berisiko kesehatan pada pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.
Kisara. (2016). Penelitian kisara “gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang kesehatan reproduksi dan seksual pada remaja di kota denpasar”. Diakses tanggal 20 Juli 2017, dari http://www.kisara.or.id/artikel/penelitian-kisara-gambaran-pengetahuan-sikap-dan-perilaku-tentang-kesehatan-reproduksi-dan-seksual-pada-remaja-di-kota-denpasar.html.
Khairunnisa, A. (2013). Hubungan religiusitas dan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah remaja di MAN 1 Samarinda. eJournal psikologi, 1(2), 224.
Lehmiller, J.J. (2014). The psychology of human sexuality. UK: John Wiley & Sons.
Lubis, N.L. (2013). Psikologi kespro: “wanita dan perkembangan reproduksinya” ditinjau dari aspek fisik dan psikologinya. Jakarta: Kencana.
Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Mashar, R. (2011). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Muwarti, K.S. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi dengan sikap terhadap hubungan seksual pranikah MTsN dlingo II bantul tahun 2013. Naskah Publikasi. Program Studi Bidan Pendidikan Jenjang D IV, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah, Yogyakarta.
Nicolson, D., & Ayers, H. (2004). Adolescent problems : a guide for teachers, parents and counsellors (2th ed.). London: David Fulton.
Ningsih, F. (2014). Hubungan kontrol diri dengan kecenderungan perilaku seksual pranikah remaja. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Ningtyas, E.P. (2012). Hubungan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah remaja anggota geng motor “X” Ungaran. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Noor, R. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku seksual remaja pada siswa SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Jurnal Motivasi, 3(1), 9-11.
Nurfatoni. (2016, Mei 18). Hasil penelitian: 58% pelajar smp sudah berani mojok berduaan dengan pacar. Pwmu Online. Diakses tanggal 10 November 2016, dari https://www.pwmu.co/7717/2016/05/hasil-penelitian-58-persen-pelajar-smp-sudah-berani-mojok-berduaan-dengan-pacar/.
Papalia, D.E., Old, S.W., & Feldman, R.D. (2010). Human development (psikologi perkembangan) edisi ke sembilan. Dialihbahasakan oleh A. K. Anwar. Jakarta: Kencana.
Pratama, R.C. (2017). Hubungan antara kontrol diri dan kematangan emosi dengan perilaku seksual pranikah remaja pada siswa kelas X dan XI di smk pancasila dander bojonegoro. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Prayogo, I. (2013). Relationship between emotional intelligence with premarital sexual behavior on sma n 7 semarang students. Naskah publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang.
Purwanto. (2010).Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salovey, P. & Mayer J.D. (1990). Emotional intelligence: imagination, cognition, and personality. Dalam Salovey, P., Brackett, M. A., & Mayer, J. D (Eds.), Emotional intelligence: key readings on the mayer and salovey model (hal. 2-3, 5). Diakses dari http://books.google.com/books.
Santrock, J.W. (2003). Adolescence (perkembangan remaja) edisi ke enam. Jakarta: Erlangga. Diakses dari http://books.google.com/books.
Santrock, J.W. (2014). Adolescence (15th Eds). New York: McGraw-Hill.
Sari, E.S. (1993). Audience research; pengantar studi penelitian terhadap pembaca,pendengar dan pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset. .
Sarwono, S.W. (2013). Psikologi remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sarwono, S.W. (2012). Pengantar psikologi umum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sarwono, J. (2013). Statistik multivariat aplikasi untuk riset skripsi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Schave, D & Schave, B. (1989). Early adolescence and the search for self: a developmental perspective. New York: Praeger.
Strong, B., DeVault, C., & Cohen, T.F. (2011). The marriage and family experience: intimate relationships in a changing society (11th eds.). USA: Wadsworth.
Subekhi, A. (2016, Juni 8). 4 pelajar SMP tertangkap warga setengah bugil saat pesta seks. Sindownews Online. Diakses tanggal 10 November 2016, dari https://daerah.sindonews.com/read/1114861/23/4-pelajar-smp-tertangkap-warga-setengah-bugil-saat-pesta-seks-1465345500.
Sudiono, A. (2016, Mei 14). Kasus asusila siswi SMP oleh 8 anak di bawah umur dilakukan mau sama mau. Beritasatu Online. Diakses tanggal 10 November 2016, dari http://www.beritasatu.com/nasional/364868-kasus-asusila-siswi-smp-oleh-8-anak-di-bawah-umur-dilakukan-mau-sama-mau.html.
Surbakti, E.B. (2009). Kenalilah anak remaja anda. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Diakses dari http://books.google.com/books.
Surya, M. (2001). Bina keluarga. Semarang: Aneka Ilmu.
Susanti, G.D. (2012). Hubungan kontrol diri dengan perilaku seks pranikah pada siswa SMAN 1 Cileunyi Bandung. Skripsi Tidak Dipublikasi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung.
Suyono. (2015). Analisis regresi untuk penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Tomb, D.A. (2004). Buku saku psikiatri. Dialihbahasakan ole Nasrum, W. S. Jakarta: EGC.
Warouw, V. (2016, April 27). Pacaran, siswi SD tiga kali berhubungan badan. Sindownews Online. Diakses tanggal 10 November 2016, dari https://daerah.sindonews.com/read/1104602/193/pacaran-siswi-sd-tiga-kali berhubungan-badan-1461772724.
Wulandari, A. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah pada siswa SMK yang berpacaran. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Yulianto. (2010). Gambaran sikap siswa SMP terhadap perilaku seksual pranikah (penelitian dilakukan di SMPN 159 Jakarta). Jurnal Psikologi UEU, 8(2), 49.
Yunita. (2014). Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku seksual remaja kelas XI di SMA N 3 Bantul Yogyakarta. Nasakah Publikasi. Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah, Yogyakarta.
_____. Unwanted pregnancy cases by IPPA chapter Bali 2013, 2014, 2015. 4 Mei 2016. Diunduh dari ediputra.ign@gmail.com
Published
2019-02-27
How to Cite
NINGSIH, Ni Kadek Dwi Jayanti; SUSILAWATI, Luh Kadek Pande Ary. Peran Kecerdasan Emosi dan Self Control pada Sikap terhadap Perilaku Seksual Pranikah Siswa SMPN di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 12-23, feb. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47143>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles