Peran dukungan sosial dan motivasi berprestasi terhadap kesejahteraan psikologis pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Bali

  • Ni Made Adi Gayatri Universitas Udayana
  • Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya Universitas Udayana

Abstract

Tuntutan akademis, berada pada tahap perkembangan remaja akhir, serta pembelajaran yang berfokus pada teori dapat memengaruhi taraf kesejahteraan psikologis siswa SMA. Beberapa insiden pada siswa SMA yang terjadi di Bali mengindikasikan taraf kesejahteraan psikologis yang rendah. Dengan demikian, kesejahteraan psikologis pada siswa SMA perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya dampak negatif yang tidak diinginkan. Kesejahteraan psikologis dapat dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan motivasi berprestasi terhadap kesejahteraan psikologis pada siswa SMA di Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi berganda. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah two stage cluster sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini merupakan 254 siswa SMA di Provinsi Bali. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah skala kesejahteraan psikologis (?=0,945), skala dukungan sosial (?=0,898), dan skala motivasi berprestasi (?=0,918). Hasil dari uji regresi berganda menunjukkan bahwa dukungan sosial dan motivasi berprestasi berperan secara simultan dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis pada siswa SMA (R=0,662; R2=0,438; p=0,000<0,05). Dukungan sosial dan motivasi berprestasi juga berperan secara parsial dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis pada siswa SMA (dukungan sosial:  ?=0,302, p=0,000; motivasi berprestasi: ?=0,440, p=0,000). Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan gambaran tentang peran dukungan sosial dn motivasi berprestasi terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMA di Bali. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan salah satu rujukan dalam rangka meningkatkan dan menjaga kesejahteraan psikologis siswa SMA selama menempuh pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2020). Awal semester, siswa diimbau bawa semangat baru. Sub Bagian Perencanaan, Data & Informasi Kanwil Kemenag Kalsel. https://kalsel.kemenag.go.id/berita/532283/Awal-Semester-Siswa-Diimbau-Bawa-Semangat-Baru
Anggreni, N. M. S. (2021). Peran kecerdasan emosional, iklim sekolah, dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan psikologis remaja awal sekolah menengah pertama di Bali. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Udayana.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Babbie, E. (2016). The practice of social research (14th ed.). Cengage Learning.
Bali Post. (2023, July 21). Viral pesta miras dan suka malak, geng “Bajing Kids” dipimpin siswa SMP. BALIPOST.Com. https://www.balipost.com/news/2023/07/21/351734/Viral-Pesta-Miras-dan-Suka...html
Batubara, A. (2017). Hubungan antara religiusitas dengan psychological well being ditinjau dari big five personality pada siswa SMA Negeri 6 Binjai. AL-Irsyad:Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1), 48–62. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6667
CNN Indonesia. (2023, July 22). Heboh geng pelajar Bajing Kids di Bali pesta miras- memalak. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230721153047-12-976187/heboh-geng-pelajar-bajing-kids-di-bali-pesta-miras-memalak
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2008). Hedonia, eudaimonia, and well-being: An introduction. Journal of Happiness Studies, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9018-1
Djaali. (2014). Psikologi pendidikan (8th ed.). Bumi Aksara.
Dresel, M., & Grassinger, R. (2013). Changes in achievement motivation among university freshmen. Journal of Education and Training Studies, 1(2), 159–173. https://doi.org/10.11114/jets.v1i2.147
Ginta, Y. V. S. (2022, November 2). Siswi SMA di Bali lompat dari lantai 3 sekolahnya, sempat minta teman merekam dengan ponsel. Kompas.Com. https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/02/194932778/siswi-sma-di-bali-lompat-dari-lantai-3-sekolahnya-sempat-minta-teman?page=all
Hardjo, S., Aisyah, S., & Mayasari, S. I. (2020). Bagaimana psychological well being pada remaja ? Sebuah analisis berkaitan dengan faktor meaning in life. Jurnal Diversita, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.2894
Hardjo, S., & Novita, E. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada remaja korban sexual abuse. Analitika : Jurnal Magister Psikologi, 7(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v7i1.856
Hasanuddin, & Khairuddin. (2021). Dukungan sosial, penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis pada siswa SMA Negeri 2 Binjai. ANALITIKA Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 148–155. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i1.5906
Hasfrentia, Y. D. (2016). Hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada pelajar SMAN 1 Tuntang. Universitas Kristen Satya Wacana.
Huppert, F. A. (2009). Psychological well-being: Evidence regarding its causes and consequences. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x
Indrawati, T. (2017). Peranan kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMP Terbuka di Cirebon. Edukasia Islamika, 2(1), 70–88. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1630
Indryawati, R. (2014). Kesejahteraan psikologis guru yang mendapatkan sertifikasi. Jurnal Psikologi, 7(2), 7–18.
Johnson, D., & Johnson, F. (1991). Joining together: Group theory and group skills (11th ed.). Pearson Educational Limited.
Kirsh, S. J., Duffy, K. G., & Atwater, E. (2014). Psychology for living: Adjusment, growth, and behavior today (11th ed.). Pearson prentice.
Kumparan. (2023, July 22). Fakta-fakta grup pelajar ‘Bajing Kids’ di Bali yang gelar pesta miras. KumparanNews. https://kumparan.com/kumparannews/fakta-fakta-grup-pelajar-bajing-kids-di-bali-yang-gelar-pesta-miras-20pyoVzaN7t/full
Li, Y., Lan, J., & Ju, C. (2015). Achievement motivation and attributional style as mediators Between Perfectionism and subjective well-being in Chinese University students. Personality and Individual Differences, 79, 146–151. https://doi.org/10.1016/J.PAID.2015.01.050
Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh dukungan sosial, strategi coping, resiliensi, dan harga diri terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(2), 76–89.
McClelland, D. C. (1987). Human motivation. Cambridge University Press.
Nisa, S. U., Qasim, N., & Sehar. (2017). Relationship of achievement motivation and psychological well-being in adolescents. International Journal of Applied Research, 3(12), 102–104. https://www.researchgate.net/profile/Shams-Nisa/publication/323336024_Relationship_of_achievement_motivation_and_psychological_well-being_in_adolescents/links/5a8e5040a6fdcc808c0f1f7e/Relationship-of-achievement-motivation-and-psychological-well-being-in-
NusaBali. (2023, September 28). Tawuran sarung, 16 pelajar diamankan. NusaBali.Com. https://www.nusabali.com/berita/138573/tawuran-sarung-16-pelajar-diamankan
Olukolade, O., Alao, T. . I., & Adebisi, A. . A. (2013). The role of social support and need for achievement on psychological well-being of below the knee amputees. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 18(1), 23–27. https://doi.org/10.9790/0837-1812327
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS (1st ed.). Deepublish.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, (2010).
Puslitjak. (2021). Mendorong peningkatan kesejahteraan psikologis siswa selama pandemi COVID-19.
Rahmania, Munir, A., & Budiman, Z. (2019). Hubungan lokus kendali internal dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada penyandang disabilitas di Aceh Tengah. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i1.275
Rastana, I. D. G. (2022, September 14). Sering terjadi kenakalan remaja, Kapolresta bina ratusan siswa. Bali Express. https://baliexpress.jawapos.com/bali/671184004/sering-terjadi-kenakalan-remaja-kapolresta-bina-ratusan-siswa
Rua, Y. M., Naibili, M. J. E., Bete, R. N. S., & Asa, S. M. S. (2023). Pelatihan kader sekolah sehat jiwa (SEHATI) dalam deteksi dini kesehatan jiwa di SMA. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.57047
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104. https://doi.org/10.1111/1467-8721.ep10772395
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719
Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0
Santrock, J. W. (2016). Adolescence (16th ed.). McGraw-Hill Education. https://psycnet.apa.org/record/1987-97135-000
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : Biopsychosocial interactions (7th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif (4th ed.). Kencana.
Solberg, S., Laundal, O., & Garrels, V. (2023). Scoping review of positive mental health research for students in vocational education and training. International Journal for Research in Vocational Education and Training (IJRVET), 10(2), 258–287. https://doi.org/https://doi.org/10.13152/IJRVET.10.2.6
Stein, S. J., & Book, H. E. (2002). Ledakan EQ: 15 Prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Kaifa.
Stroebe, W. (2011). Social psychology and health (3rd ed.). McGraw-Hill Education.
Suadnyana, I. W. S. (2023, July 20). Viral geng pelajar Bajing Kids di Bali, doyan pesta miras-memalak. DetikBali. https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-6833320/viral-geng-pelajar-bajing-kids-di-bali-doyan-pesta-miras-memalak
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.
Triana, M. M., Komariah, M., & Widianti, E. (2021). Gambaran kesejahteraan psikologis pada remaja yang terlibat bullying. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 823–832.
Triwahyuni, A., & Prasetio, C. E. (2021). Gangguan psikologis dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa baru. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi (PSIKOLOGIKA), 26(1), 35–56. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art3
Published
2023-11-11
How to Cite
GAYATRI, Ni Made Adi; SUARYA, Luh Made Karisma Sukmayanti. Peran dukungan sosial dan motivasi berprestasi terhadap kesejahteraan psikologis pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 374-384, nov. 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/107488>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843//JPU.2023.v10.i02.p06.
Section
Articles