Penyesuaian Diri Orangtua dalam Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Belajar dari Rumah selama Pandemi Covid-19

  • Anita Agustina Universitas Udayana
  • Komang Rahayu Indrawati

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar bagi bidang pendidikan. Pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerbitkan kebijakan belajar dari rumah. Belajar dari rumah memberikan tuntutan bagi semua orangtua terlebih orangtua ABK untuk meluangkan waktu dan tenaga ekstra mendampingi anak belajar di rumah. Orangtua perlu melakukan penyesuaian diri untuk menghadapi kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri yang dilakukan orangtua selama mendampingi ABK belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Responden penelitian ini adalah orangtua dari anak dengan ADHD dan Asperger’s Disorder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri yang dilakukan orangtua meliputi aspek koping, self-knowledge, dan komunikasi interpersonal. Orangtua dari anak ADHD cenderung menggunakan emotional focused coping yang kurang efektif dilihat dari perilaku yang muncul yaitu membentak, menangis, memukul, dan memilin telinga ABK. Orangtua dari anak dengan Asperger’s Disorder mampu mengendalikan diri dan menggunakan strategi koping yang efektif. Self-knowledge yang dimiliki tentang dirinya dan ABK membantu orangtua dari anak Asperger’s Disorder melakukan penyesuaian. Kedua orangtua mampu menjalin komunikasi interpersonal yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam proses belajar dari rumah. Faktor-faktor yang memengaruhi penyesuaian diri orangtua yaitu kondisi fisik orangtua, dukungan sosial, dan pengalaman masa lalu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanty, D., Thohari, S., Rahajeng, U. W., Firmanda, T. H., Mahalli., & Semedhi, B. P. (2020). Akomodasi yang Layak bagi Siswa dengan Disabilitas di Masa Pandemi. Australia-Indonesia Disability Research and Advocacy Network, 1–36.
Agustina, A. (2021). Partisipasi orangtua anak berkebutuhan khusus dalam program belajar dari rumah selama pandemi covid-19 [Naskah tidak dipublikasikan]. Universitas Udayana
Alberti, R., & Emmons, M. (2002). Your perfect right: Panduan praktis hidup lebih ekspresif dan jujur pada diri sendiri. Elex Media Komputindo
Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi remaja. Bumi Aksara.
Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). Parenting Stress Pada Orangtua Bekerja Dalam Membantu Anak Belajar Di Rumah. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.322
Atasoy, R., & Sevim, C. (2018). Evaluation of coping strategies with stress of parents who have mentally disabled children in northern Cyprus. Universal Journal of Educational Research, 6(6), 1129–1140. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060601
Barata, M. S., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara keterbukaan diri dan harga diri dengan penyesuaian diri remaja pondok pesantren persis putri bangil pasuruan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(1), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/4571
Baron, R. A., & Byrne, D. (1991). Social psychology.(6th ed). Allyn and Bacon
Becker, S. P., Breaux, R., Cusick, C. N., Dvorsky, M. R., Marsh, N. P., Sciberras, E., & Langberg, J. M. (2020). Remote Learning During COVID-19: Examining School Practices, Service Continuation, and Difficulties for Adolescents With and Without Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. Journal of Adolescent Health, 67(6), 769–777. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.09.002
Blake, R. H., & Haroldson, E. O. (2003). Taksonomi konsep komunikasi (Bahanan, H, Penerjemah). Papyrus.
Buchori. (2002). Penyesuaian diri dan motivasi (Edisi revisi). Balai Aksara.
Bukowski, H. (2016). Encyclopedia of Personality and Individual Differences. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, September. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8
Cangara, H. (2013). Pengantar ilmu komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Colizzi, M., Sironi, E., Antonini, F., Ciceri, M. L., Bovo, C., & Zoccante, L. (2020). Psychosocial and behavioral impact of COVID-19 in autism spectrum disorder: An online parent survey. Brain Sciences, 10(6), 1–14. https://doi.org/10.3390/brainsci10060341
Corcoran, J., Schildt, B., Hochbrueckner, R., & Abel, J. (2017). Parents of Children with Attention Deficit/Hyperactivity Disorder: A Meta-synthesis, part II. Child and Adolescent Social Work Journal, 34. https://doi.org/10.1007/s10560-017-0497-1
Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Karisma Publishing Group
Dina, E. F., Faizah, F., & Dara, Y. P. (2017). Emotion Focused Coping in Single Mother Who has Adolescence with Autism. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 158. https://doi.org/10.24127/gdn.v7i2.979
Faizah, H. N., Basuki, H. O., & Karyo, K. (2021). Hubungan Strategi Coping dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMP Tahfidz Khairunnas Tuban. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, 3(2). https://doi.org/10.47710/jp.v3i2.80
Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan: Perkembangan peserta didik. Pustaka Setia.
Haryati, T. (2022). The Relationship of Interpersonal Communication with the Self Adjustment of VII Student in SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.22437/kopendik.v1i1.17567
Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif: untuk ilmu psikologi. Salemba Humanika.
Hidayat, M. F., & Adri, Z.. (2021). Coping Stres pada Ibu yang Bekerja dalam Membimbing Anak Belajar di Rumah selama Pandemi Covid. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 138–145. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Indrawati, E. S., & Fauziah, N. (2012). Attachment dan Penyesuaian Diri dalam Perkawinan. Jurnal Psikologi Undip, 11(1), 40–49. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5147
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Maret 10). Surat edaran pencegahan covid_19 pada satuan pendidikan. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
King, L.A. (2012). Psikologi umum: Sebuah pandangan apresiatif (2nd ed). Salemba Humanika.
Kurniati, E., Kusumanita, D., Alfaeni, N., & Andriani, F. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak. 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lase, D., Zega, T. G. C., & Daeli, D. O. (2021). Parents’ Perceptions of Distance Learning during COVID-19 Pandemic in Rural Indonesia. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3890610
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stres appraisal and coping. Springer Publishing Company.Inc
Lilawati, A. (2021). Peran Orangtua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Liliweri, A. (1997). Komunikasi antar-pribadi. Citra Aditya Bakti.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus (jilid kesatu). LPSP Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Nainggolan, J. A. (2015). Penyesuaian Diri Orangtua dan Keberfungsian Keluarga yang Memiliki Anak Penyandang Autisme. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3), 313–320. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i3.3788
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Palupi, Y. E. A., & Tirtayani, L. A. (2022). Coping Strategy Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49389
Pain, A., & Huot, D. (2017). Life in the times of ‘ late development ’: February, 2002–2016.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), 132–139. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/download/5820/2963/
Runyon, R. P. & Haber, A. (1984). Psychology of adjustment. The Dorsey Press.
Sarafino, E.P. (2006). Health psychology biopsychosocial interactions (5th ed). John Willey & Sons Inc.
Sari, A. B. S., & Mulyana, O. P. (2015). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Pada Guru Di Sekolah Dasar Negeri Yang Merger. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2), 1–5.
Schneiders, A. A. (1964). Personal adjustment and mental health. Holt Rineheart & Winston
Smith, S., Burdette, P., Cheatham, G., & Harvey, S. (2016). Parental Role and Support for Online Learning of Students with Disabilities: A Paradigm Shift. Journal of Special Education Leadership, 29(2), 101–112.
Strauss, A. & Corbin, J. (2003). Dasar-dasar penelitian kualitatif. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. CV Alfabeta.
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302
Suranto, A. W. (2011). Komunikasi interpersonal. Graha Ilmu.
Taylor, S. E. (1995). Health psychology. McGraw Hill
Thoha, M. (2008). Perilaku organisasi: Konsep dasar dan aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada.
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
Wahib, A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid 19. Paradigma, 12(November), 107–117.
Wahyuningsih, S. (2013). Metode penelitian studi kasus (konsep, teori pendekatan psikologi komunikasi, dan contoh penelitiannya). UTM Press
Wardhani, M.K., Rahayu, M.S., & Rosiana, D. (2012). Hubungan Antara “Personal Adjustment” dengan Penerimaan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di RSUD X. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 3(1).
Yolanda, E., & Risnawaty, W. (2021). An Overview of Coping with Stres Among Mothers Accompanying Their Children Through Online Learning During COVID-19 Pandemic. Atlantis Press, 570.
Published
2023-10-28
How to Cite
AGUSTINA, Anita; INDRAWATI, Komang Rahayu. Penyesuaian Diri Orangtua dalam Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Belajar dari Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 363-373, oct. 2023. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/101074>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843//JPU.2023.v10.i02.p05.
Section
Articles