PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN MANCANEGARA KE DAYA TARIK WISATA ALAS PALA SANGEH

  • I Gede Noviana Putra
  • I Nyoman Sudiarta
  • I GPB. Sasrawan Mananda

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas seberapa besar kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan mempengaruhi niat berkunjung kembali wisatawan mancanegara ke Daya Tarik Wisata Alas Pala Sangeh. Daya tarik wisata ini mempunyai sesuatu yang unik dibandingkan dengan daya tarik sejenis, yaitu penempatan ranger (pemandu lokal) yang senantiasa akan menemani dalam melakukan perjalanan disekitar areal daya tarik wisata ini, ranger (pemandu lokal) senantiasa memberikan kualitas pelayanan sesuai dengan standar prosedur.

Metode penelitian dalam pengambilan sample dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling, penyebaran sampel menggunakan Accidental Sampling dengan menyebar 100 kuesioner kepada wisatawan yang sedang melakukan kunjungan ke Daya Tarik Wisata Alas Pala Sangeh dan dengan 22 indikator pertanyaan yang telah disesuaikan. Dalam Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis pengujian instrument penelitian, analisis regresi berganda, dan analisis korelasi.

Hasil akhir dalam penelitian, (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan, (2) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan, (3) Kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan secara simultan atau bersama-sama dan memiliki hubungan yang kuat. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu pengelola perlu meningkatan fasilitas toilet, peningkatan penanganan keluhan serta semakin giat mengikuti perkembangan pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NOVIANA PUTRA, I Gede; SUDIARTA, I Nyoman; SASRAWAN MANANDA, I GPB.. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN MANCANEGARA KE DAYA TARIK WISATA ALAS PALA SANGEH. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-6, dec. 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/26998>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p01.

Keywords

Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Niat Berkunjung Kembali

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>