PENGARUH KEPERCAYAAN DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKOMODASI DI BALI PADA SITUS BOOKING.COM

  • Ni Wayan Nonik Ismayanti PS. Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Wayan Suardana PS. Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Made Kusuma Negara PS. Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak terhadap pariwisata terkait kebutuhan wisatawan dalam berwisata. Akomodasi adalah salah satu kebutuhan masyarakat untuk berwisata. Dalam pemesanan akomodasi, online booking saat ini lebih disukai karena dirasa lebih cepat dan praktis serta dapat diakses dimana saja. Booking.com merupakan salah satu situs online yang cukup diminati wisatawan untuk memesan akomodasi. Untuk itu ingin diketahui 1) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian akomodasi di Bali pada situs booking.com secara parsial 2) pengaruh e-service quality terdapat keputusan pembelian akomodasi di Bali pada situs booking.com parsial serta 3) pengaruh kepercayaan dan e-service quality secara simultan terhadap keputusan pembelian akomodasi di Bali pada situs booking.com. Hasilnya dapat dijadikan acuan dalam mempertahankan minat beli wisatawan pada situs booking.com maupun pada situs lainnya untuk pemesanan akomodasi di Bali. Teknik penentuan sampel digunakan accidental sampling kepada 190 responden pengguna situs booking.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan studi kepustakaan.

Melalui pengujian hipotesis pada uji t dan uji F menyatakan bahwa masing – masing variabel bebas secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan dan bernilai positif terhadap keputusan pembelian akomodasi di Bali pada situs booking.com, sehingga semua hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan uji regresi linier berganda membuktikan bahwa variabel bebas mempunyai nilai koefisien positif sebesar 0.306 serta 0.924 terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjust R Square sebesar 0.382 menyatakan 38,2 % variabel keputusan pembelian online dapat dipengaruhi oleh variabel kepercayaan dan e-service quality sedangkan 61,8 % dipengaruhi variabel diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Wayan Nonik Ismayanti, PS. Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
Published
2015-12-01
How to Cite
NONIK ISMAYANTI, Ni Wayan; SUARDANA, I Wayan; KUSUMA NEGARA, I Made. PENGARUH KEPERCAYAAN DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKOMODASI DI BALI PADA SITUS BOOKING.COM. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 56-61, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22837>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p10.

Keywords

Keputusan pembelian, Kepercayaan, E-Service Quality