KAJIAN POTENSI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BALI
Abstract
Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai salah satu institusi elemen pendidikan juga layaknya sebuah perusahaanyang selalu harus menjaga kepuasan para stakeholdernya. Salah satu cara terkini untuk memuaskan stakeholder
adalah dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis komputer online. Implementasi
CRM, sebagai suatu teknologi yang akan membantu melakukan manajemen hubungan pelanggan dan institusi, akan
dapat membantu Politeknik Negeri Bali untuk menambah jumlah stakeholder baru, meningkatkan hubungan dengan
para stakeholder yang telah ada dan mempertahankannya. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi sebuah cara agar
PNB dapat memenangkan persaingan antar perguruan tinggi negeri lainnya. CRM dapat membantu PNB mengenali
treatment apa yang tepat yang akan membuat perolehan informasi yang diperlukan para stakeholder menjadi mudah,
cepat dan detil sesuai dengan harapan dan kebutuhan para stakeholder.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License