HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN DAN KEPUASAN PETERNAK DENGAN LOYALITAS SEBAGAI PLASMA PADA KEMITRAAN AYAM BROILER DI KABUPATEN TABANAN

  • Pastika K W
  • Suparta N
  • Dewi G A M K

Abstract

Pola kemitraan ayam broiler yang dilaksanakan, belum memenuhi harapan peternak plasma dan pihakperusahaan inti. Penelitian dilaksanakan di wilayah Kabupaten Tabanan. Pemilihan lokasi ditentukan secarapurposive. Penentuan sampel responden dilakukan secara kuota random sampling dari semua peternak plasmayang berada di Kabupaten Tabanan. Dipilih dua perusahaan inti besar dan dua perusahaan inti kecil. Masing–masing perusahaan dipilih 17 peternak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan kemitraan,menganalisis pendapatan peternak plasma, menganalisis tingkat kepuasan peternak plasma, serta menganalisishubungan tingkat pendapatan dan kepuasan peternak dengan loyalitas sebagai plasma pada kemitraan ayambroiler di Kabupaten Tabanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pelaksanaan kemitraan di KabupatenTabanan secara umum berlangsung dengan baik namun memiliki kelemahan seperti pendapatan peternak kecildan kualitas sapronak yang kurang baik, (b) rata-rata pendapatan peternak adalah Rp 3.750,00 per ekor per tahunatau termasuk kategori rendah, (c) tingkat kepuasan peternak termasuk kategori memuaskan, dan (d) tingkatpendapatan dan tingkat kepuasan berhubungan signifikan (P<0,05) dengan loyalitas peternak sebagai plasma.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan kemitraan ayam broiler dapat dilanjutkan dengan perbaikanperbaikanpada aspek kualitas sapronak dan manajemen agar dapat meningkatkan pendapatan dan kepuasanpeternak sehingga loyalitas peternak terhadap perusahaan inti dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pastika K W
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Suparta N
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Dewi G A M K
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
How to Cite
K W, Pastika; N, Suparta; G A M K, Dewi. HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN DAN KEPUASAN PETERNAK DENGAN LOYALITAS SEBAGAI PLASMA PADA KEMITRAAN AYAM BROILER DI KABUPATEN TABANAN. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 19, n. 1, june 2016. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/21455>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2016.v19.i01.p04.

Keywords

kemitraan, pendapatan, kepuasan, loyalitas