Identifikasi Bakteri Penyebab Penyakit Layu Bakteri pada Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) di Desa Taman Tanda, Tabanan, Bali

Main Article Content

I Komang Adi Widyastama Retno Kawuri Made Pharmawati

Abstract

Salah satu masalah utama pada budidaya tanaman kentang di Desa Taman Tanda adalah serangan penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh patogen bakteri. Penyebab layu bakteri adalah bakteri dari famili Ralstoniaceae. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bakter penyebab layu bakteri pada tanaman kentang di Desa Taman Tanda, Tabanan, Bali. Metode identifikasi diawali dengan isolasi patogen dari tanaman kentang yang sakit di lapangan menggunakan media selektif Ralstonia casein peptone glukose.  Koloni yang tumbuh pada media selektif kemudian dikarakterisasi morfologi dan biokimia. Patogenitas dari patogen diuji dengan menginokulasi patogen pada tanaman kentang berumur 30 hari di rumah kaca. Tanaman kentang yang menunjukkan gejala layu bakteri seperti layu kering pada daun dan batang tanaman dikonfirmasi sebagai Ralstonia sp. Isolat patogen kemudian diekstrak 16S rRNA dan diamplifikasi dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) menggunakan primer U1 forward dan reverse. Sekuensing 16S rRNA dilakukan satu arah dengan mengirim DNA ke PT. Genetika Science, Jakarta. Hasil sekuensing kemudian dianalisis BLASTN dengan membandingkan pusat data di GenBank. Analisis BLASTN menunjukkan isolat patogen teridentifikasi sebagai Ralstonia solanacearum strain K60-1 dengan kemiripan 100%. Dendogram dari isolat patogen dibuat dengan metode neighbor joining tree 1000 kali bootstrap. Berdasarkan identifikasi morfologi, biokimia, Postulat Koch, dan molekuler bakteri penyebab layu bakteri pada tanaman kentang di Desa Taman Tanda, Tabanan, Bali teridentifikasi sebagai Ralstonia solanacearum.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WIDYASTAMA, I Komang Adi; KAWURI, Retno; PHARMAWATI, Made. Identifikasi Bakteri Penyebab Penyakit Layu Bakteri pada Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) di Desa Taman Tanda, Tabanan, Bali. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 201 - 206, sep. 2023. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/88116>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>