Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bali pada Platform Android

  • Cokorda Bagus Mahatma Sanjaya Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Game edukasi bahasa Bali yang berjudul “Ajegang Basa Bali” merupakan sebuah game yang memberikan pengetahuan dasar tentang kosa kata dalam bahasa Bali untuk anak-anak, khususnya anak kelas 1 sekolah dasar. Game “Ajegang Basa Bali” terdiri dari tiga kategori yaitu pengenalan kata dalam bahasa Bali, pengenalan angka dalam bahasa Bali dan penyusunan kalimat dalam bahasa Bali. Game ini dapat memberikan manfaat dalam proses belajar, membuat pengguna (anak) tertarik untuk belajar sambil bermain, memperkenalkan pengguna (anak) pada pelajaran bahasa Bali sejak dini dan juga secara tidak langsung game ini diharapkan dapat melestarikan budaya bahasa Bali. Game edukasi bahasa Bali dibuat dengan menggunakan software corona SDK dengan bahasa pemrograman lua. Corona SDK di dalam penggunaan aplikasinya lebih cepat dan ringan jika dibandingkan dengan framework lainnya, serta terintegrasi dengan baik pada sistem android dan iOS.

 

Kata kunci: Game edukasi, Bahasa Bali, Android, Corona SDK.

Published
2016-01-15
How to Cite
BAGUS MAHATMA SANJAYA, Cokorda. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bali pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17833>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.