Sistem Informasi Geografis Pemetaan TPS di Wilayah Bali Berbasis Web

  • I Gede Arya Permadi Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Pemilihan Umum (Pemilu) adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan tersebut beraneka ragam, mulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa. Saat ini tingkat kekritisan dan keingintahuan dari masyarakat Indonesia yang terus meningkat untuk mengetahui hasil pemilu di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan, karena itu sudah saatnya teknologi digunakan untuk menunjang penyelenggaraan pemilihan umum yang lebih berkualitas, dengan teknologi penyelenggara pemilu akan lebih mudah, efektif, efisien dan terkelola dengan baik, melalui Aplikasi Geographic Information System (GIS) berbasis Web, masyarakat lebih mudah untuk melihat batas cakupan luas dari satu TPS untuk selanjutnya mengetahui hasil perolehan suara dari masing–masing TPS dan juga melalui rekapitulasi suara yang telah terkumpul, masyarakat menjadi tahu kekuatan politik pada tingkat TPS, kecamatan, maupun kabupaten.

 

Kata Kunci: GIS, Pemilu, Web, TPS, Bali.

Published
2016-01-15
How to Cite
ARYA PERMADI, I Gede. Sistem Informasi Geografis Pemetaan TPS di Wilayah Bali Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17828>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.