Analisis Aliran Udara Di Sekitar Truk Pikap Yang Dipasangi Terpal Di Bagian Bak Menggunakan Cfd
Abstract
Abstrak
Truk Pikap merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia. Truk pikap berguna untuk mengangkut barang-barang seperti bahan pangan, furniture, kargo, hewan ternak, dan juga untuk mengangkut penumpang di daerah yang jarang ada transportasi umum. Dalam penggunaan di lapangan, truk pikap seringkali dipasangi terpal. Model pemasangan terpal yang kerap digunakan antara lain model datar atau Tonneau Cover, model Aerocap, dan model cincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor aerodinamika yang mempengaruhi kinerja truk pikap jika dipasangi terpal pada bagian bak dan apa pengaruhnya terhadap gaya aerodinamis kendaraan menggunakan metode simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan software ANSYS Fluent. Hasil simulasi menunjukkan model terpal dengan permukaan yang luas dan berbentuk kotak seperti pada Model Terpal Aerocap dengan Sudut 0o (Tipe B) menghasilkan gaya hambat terbesar dikarenakan oleh meningkatnya skin drag dan sirkulasi di bagian wake yang akhirnya meningkatkan koefisien hambat dibanding model baseline. Model terpal dengan koefisien gaya hambat terendah ditunjukkan oleh Terpal Aerocap dengan Sudut Miring 15,72o (Tipe C), karena bentuknya memiliki kemiringan mengakibatkan aliran di sekeliling pikap menjadi lebih aerodinamis. Gaya angkat yang terjadi sangat kecil dengan perubahan yang tidak signifikan, yang mana merupakan hal yang wajar untuk objek berbentuk pikap ini.
Kata kunci: Aerodinamika, Computational Fluid Dynamic (CFD), Gaya Hambat, Koefisien Gaya Hambat, Streamline