Studi Kecepatan Superfisial Terhadap Waktu Nyala Dan Laju Konsumsi Bahan Bakar Pada Dual Reactor Fluidized Bed Berbahan Bakar Serbuk Kayu
Abstrak
Abstrak :
Teknologi dual reactor fluidized bed (DFRB) adalah pengkonversian bahan bakar padat yang terfluidakan secara thermokimia menjadi bahan bakar gas mudah terbakar. Proses ini memerlukan sekitar 50% udara pembakaran. Serbuk kayu adalah biomassa yang dapat digunakan sebagai sumber energi ramah lingkungan yang paling siap untuk menggantikan peran minyak bumi. Unit DFRB yang digunakan terdiri dari dua buah reaktor yang dibuat dengan bahan pipa stainless steel (SS304) berdiameter berdiameter 4 in(10,16cm)untuk reaktor gasifikasi dan pipa berdiamater 2 in(5,08cm)untuk reaktor pembakaran. Bahan bakar yang digunakan adalah serbuk kayu dengan massa 600 gram dan temperatur operasi dalam penelitian ini adalah 500°C pada reaktor gasifikasi dan 600°C pada reaktor pembakaran Hasil dari pengujian, pada unit gasifier dual reactor fluidized bed (DFRB)mempunyai lama nyala selama 153 detik pada Variasi Kecepatan Superfisial 17 m/sdan Fuel Consumption Rate Aktual (FCRa) yang didapat sebesar 6,93 kg/jam. Kata kunci : dual reactor fluidized bed (DFRB), variasi kecepatan superfisial, bahan bakar serbuk kayu
Abstract :
The dual reactor fluidized bed (DFRB) technology is a thermochemically fluidized convert of solid fuel into combustible gas. This process requires about 50% combustion air. Wood powder is a biomass that can be used as the most environmentally friendly energy source ready to replace the role of petroleum. The DFRB unit used consists of two reactors made with stainless steel pipe (SS304) diameter 4 in (10,16cm) in diameter for gasification reactor and 2 in (5.08cm) diameter pipe for reactor. The fuel used was 600 grams of wood powder and the operating temperature in this study was 500 ° C at the gasification reactor and 600 ° C in the combustion reactor. The results of the test, on the dual reactor fluidized bed (DFRB) gasifier unit have a flame duration of 153 second at the Variation of Superficial Velocity 17 m / s and Fuel Consumption Rate Actual (FCRa) obtained for 6.93 kg / hour. Keywords: dual reactor fluidized bed (DFRB), superficial velocity variation, wood powder fuel