Keausan Lapisan Nikel Tungsten Pada Baja Karbon Sedang Akibat Beban Gelinding Luncur Dengan Variasi Tebal Lapisan

  • Dapotan Ranto
  • I Made Widiyarta
  • I Made Parwata

Abstrak

Abstrak
Keretaapi yang melintas dengan tekanan kontak maksimum pada setiap roda atas rel sebesar 750 Mpa dapat menyebabkan slip.
Slip yang terjadi antara roda dan rel, selama gerakan kereta menambah/mengurangi kecepatan, tanjakan, dan tikungan. Hal ini
dapat mengakibatkan kegagalan ausse hingga dapat mengurangi umur pemakaian rel. Ada beberapa metode yang dapat
digunakan untuk meningkatkan ketahanan aus dengan mengubah sifat mekanik material seperti karburizing, quenching dan
coating. Pada penelitian ini coating atau pelapisan dilakukan unutuk meningkatkan kekerasan material rel, uji aus dilakukan
dengan metode kontak duadisc, bahan yang digunakan adalah nikel tungsten (Ni-W) dengan substrat material adalah baja
karbon sedang(ST -60) dengan variasi tebal lapisan0.2-0.4,0.45-0.6 dan 0.65-1.1 mm dan test dilakukan selama 40.000 siklus
dengan rasio slip-roll 1%. Hasil eksperimen pada keausan lapisan Ni-Wmenunjukkan, dengan meningkatnya tebal lapisan
coating dari 0.2-0.4 hingga 0.65-1.1 mm menyebabkan penurunan massa yang hilang dari 0.898gr hingga 0.293gr.
Kata kunci :Keausan, teballapisan, slip-roll ratio 1%
Abstract
A train travels on the tracks with the maximum contact pressure of wheel over rail 750 Mpa can cause slip to ocourbetween the
wheel and the rail during the train moves accelerating,decelerating,climbing, up and curving, this can cause a failure of wear, to
ocour on rails material and to decrease the service life of rails, there are a few methods that can be usedto increase the wear
risistenceof the rail material with altering the hardness of the material such as carburizing,quenching and coating.In this
work,coating was chosen as the method to increase of the material and wear test was conducted on the twin-disc contact
machine,the coating material used is nickel tungsten (Ni-W) with the substrate is the medium carbon steel (ST 60) the coating
thickness was verying of 0.2-0.4,0.45-0.6 and 0.65-1.1 mm and the test was performed with the loading cycles of 40.000 cycles
with the slip-roll ratio of 1%.The result experiment show the wear of Ni-W coating with increasing the coating thickness from
0.2-04 up to 0.65-1.1mm cause to massa loss decrease that is from 0.898 gr to 0.293 gr .
Keywords :Wear, thick layer, slip-roll ratio of 1%,

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2017-10-01
##submission.howToCite##
RANTO, Dapotan; WIDIYARTA, I Made; PARWATA, I Made. Keausan Lapisan Nikel Tungsten Pada Baja Karbon Sedang Akibat Beban Gelinding Luncur Dengan Variasi Tebal Lapisan. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 6, n. 1, oct. 2017. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/34843>. Tanggal Akses: 22 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>