Konsep Interpretasi Guna Melestarikan Tapak Sejarah di Pecinan Jalan Gajah Mada, Denpasar

  • LURY SEVITA YUSIANA Program Studi Arsitektur Pertamanan Fakultas Pertanian Unversitas Udayana, Jl.PB Sudirman Denpasar Bali, 80000, Indonesia

Abstract

ABSTRACT

CONCEPT OF INTERPRETATION FOR PRESERVATION HISTORIC SITEIN PECINAN GAJAH MADA STREET, DENPASAR

Pecinan Jalan Gajah Mada merupakan kawasan kota tua yang berfungsi sebagai pusat perdagangan. Penataan Jalan Gajah Mada sebagai Kawasan Heritage Kota Denpasar belum mampu menarik banyak pengujung untuk menikmati kawasan historikal ini. Pecinan Gajah Mada yang merupakan peninggalan sejarah didalamnya terkandung pusaka sejarah berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible). Studi ini bertujuan mengembangkan konsep interpretasi tapak sejarah di Pecinan Jalan Gajah Mada, Denpasar untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat lokal dan pengunjung akan makna pusaka sejarah dan pentingnya pelestarian peninggalan sejarah. Pengembangan interpretasi mengacu pada Alderson & Low (1996) yaitu menentukan konsep interpretasi sebagai dasar pembuatan program dan aktivitas. Selanjutnya dilengkapi menjadi presentasi dan media interpretasi yang digunakan. Konsep interpretasi yang dihasilkan merupakan salah satu bentuk pelestarian terhadap tapak sejarah di Pecinan Jalan Gajah Mada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-01
How to Cite
YUSIANA, LURY SEVITA. Konsep Interpretasi Guna Melestarikan Tapak Sejarah di Pecinan Jalan Gajah Mada, Denpasar. Jurnal Arsitektur Lansekap, [S.l.], p. 165-176, oct. 2016. ISSN 2442-5508. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lanskap/article/view/25758>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JAL.2016.v02.i02.p07.
Section
Articles