Pembingkaian Berita Seratus Hari Kerja Jokowi-JK (Analisis Framing Program Berita di Metro Hari Ini)

  • Ni Kadek Novi Febriani
  • Dewi Yuri Cahyani
  • Ni Made Ras Amanda Gelgel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian berita terkini Jokowi-Jusuf Kalla dalam Program Metro Hari Ini pada 100 hari kerjanya menggunakan analisis teks milik Robert Entman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan paradigma konstruktivis. Data berita Metro Hari Ini periode 13 Januari-12 Februari 2015.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Robert Entman yang menyatakan bahwa setiap media mengkontruksi berita harus melalui dua tahap yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek setelah itu menganalisis berita dengan 4 tahap, (1). Definisi masalah, (2) diagnose causes, (3) make moral judgement, dan (4) menekankan penyelesaian. Hasil penelitian ini adalah ada dua isu besar menjadi fokus Metro Hari Ini, yaitu berita konflik KPK-Polri dan eksekusi terpidana mati, MetroTV mendukung Budi Gunawan sebagai Kapolri, Metro Hari Ini menggambarkan bahwa adanya indikasi politik di balik penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK, narkoba adalah musuh bersama, Metro Hari Ini mendukung pemerintah Jokowi-JK dalam mengeksekusi terpidana mati kasus narkoba. Kata Kerja:100 hari kerja, Jokowi-JK, Metro Hari Ini, framing, kompas, berita terkini hari ini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-25
How to Cite
FEBRIANI, Ni Kadek Novi; CAHYANI, Dewi Yuri; GELGEL, Ni Made Ras Amanda. Pembingkaian Berita Seratus Hari Kerja Jokowi-JK (Analisis Framing Program Berita di Metro Hari Ini). E-Jurnal Medium, [S.l.], v. 1, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/20416>. Date accessed: 02 june 2020.
Section
Articles