Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Dengan Sistem Pembayaran Berbasis QR Code

  • I Kadek Krisma Eka Suastrawan Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Anak Agung Gede Agung Dharma Kusuma Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang standar keamanan dalam konteks QR Code sebagai alat pembayaran dalam transaksi komersial dan untuk mengetahui dan menganalisis tentang perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna yang menggunakan QR Code sebagai alat pembayaran dalam transaksi komersial. Metode penelitian ini merupakan penelitian normatif yang berguna untuk untuk meninjau serta memecahkan masalah yang terdapat pada isu hukum ini menggunakan pendekatan norma-norma atau perundang-undangan yang terkait perlindungan hukum terhadap pengguna dalam transaksi elektronik. Hasil penelitian ini memuat bahwa suatu prinsip perlindungan konsumen yang wajib diterapkan oleh penerbit selain itu penerbit diwajibkan untuk memberikan kompensasi finansil kepada pengguna selama penyebab kerugian itu tidak dari kesalahan pengguna dan juga penerbit diwajibkan meningkatkan pengawasan serta pertanggung jawaban.


 


Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Sistem Pembayaran, QR Code


 


ABSTRACT


 


The purpose of this paper is to identify and analyze security standards in the context of QR Code as a means of payment in commercial transactions and to find out and analyze legal protection for consumer consumers who use QR Code as a means of payment in commercial transactions. This research method is a normative research that is useful for reviewing and solving problems contained in this legal issue using the approach of norms or legislation related to legal protection of users in electronic transactions. The results of this study indicate that a consumer protection principle that must be applied by publishers, besides that publishers are required to provide financial compensation to users as long as the cause of the loss is not from user error and also the publisher is required to increase supervision and responsibility.


 


Key Words: Legal Protection, Consumer, Payment System, QR Code

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
How to Cite
SUASTRAWAN, I Kadek Krisma Eka; DHARMA KUSUMA, Anak Agung Gede Agung. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Dengan Sistem Pembayaran Berbasis QR Code. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 419-429, apr. 2021. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/69939>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2021.v10.i06.p04.
Section
Articles