PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG TUA SENDIRI DI WILAYAH PENGADILAN NEGERI DENPASAR

  • I Made Adyana Putra
  • I Wayan Suardana
  • A. A. Ngurah Wirasila

Abstract

Artikel ini membahas tentang Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Kekeran Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Sendiri ( Studi Di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Denpasar) Mengenai kekerasan terhadap anak adalah tindak kekerasan secara fisik, seksual, penganiyaan emosional, atau pengabaian terhadap anak. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan diantaranya bagaimanakah pertanggung jawaban pidana terhadap orang tua yang melakukan kekerasan terhadap anak kandung sendiri dan perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan yang dilakukan oleh orang tua kandungnya sendiri. Dengan menggunakan metode penelitian emperis, suatu metode penulisan hukum yang berdasarkan pada teori-teori hukum, literature-literatur dan peraturan-perundang yang (tertulis dan tidak tertulis. Apabila yang melakukan kekerasan dan ancaman adalah orang tuanya maka pidana akan ditambah 1/3 (sepertiga) dari pidana yang dijatuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ADYANA PUTRA, I Made; SUARDANA, I Wayan; WIRASILA, A. A. Ngurah. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG TUA SENDIRI DI WILAYAH PENGADILAN NEGERI DENPASAR. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], apr. 2016. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/20550>. Date accessed: 03 dec. 2020.
Section
Articles

Keywords

Perlindungan Hukum, Anak Korban, Kekerasan, Orang Tua

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>