PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DALAM KECELAKAAN DI JALAN RAYA

  • Putu Agus Hendra Wirawan
  • Marwanto -

Abstract

Makalah pertanggungjawaban pidana terhadap kelalaian pengemudi kendaraan bermotoryang menyebabkan kematian dalam kecelakaan di jalan raya ini membahas mengenai unsur darikelalaian dan sanksi pidana terhadap pengemudi kendaraan dalam kecelakaan lalu lintas di jalanraya yang menyebabkan kematian, metode yang digunakan penulis dalam penulisan makalah iniadalah jenis penelitian hukum normatif, analisis dari penelitian ini tentang macam-macam unsurkelalaian yang berupa kelalaian karena orang dan juga kelalaian karena kendaraan dan juga sanksipidananya. Tanggung jawab pidana pengemudi kendaraan yang mengakibatkan kematian dalamkecelakaan lalu lintas diatur dalam Pasal 359 KUHP dan dapat juga diberikan sanksi pidanasebagaimana diatur dalam Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintasdan Angkutan Jalan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
AGUS HENDRA WIRAWAN, Putu; -, Marwanto. PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DALAM KECELAKAAN DI JALAN RAYA. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/15368>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Sanksi Pidana, Tanggung Jawab Pidana, Lalu Lintas

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>