PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KEAMANAN DATA PRIBADI PENGGUNA LAYANAN AI CHATBOT DI INDONESIA

  • Angeline Christian David Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Dewa Ayu Dwi Mayasari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar hukum penggunaan layanan AI chatbot dan melihat bagaimana dasar perlindungan terhadap keamanan data pribadi pengguna layanan tersebut. Pendekatan melalui penelitian hukum normatif dengan fokus pada analisis perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat regulasi bagi penggunaan AI chatbot sebagai salah satu fitur kecerdasan buatan. Regulasi tersebut antara lain Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), serta Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE). Dalam konteks perlindungan hukum terhadap keamanan data pribadi pengguna layanan AI chatbot, digunakan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi. Dalam hal ini, AI chatbot sebagai Agen Elektronik dianggap berada di bawah tanggung jawab perusahaan penyedia layanan AI chatbot sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik. Perusahaan bertanggung jawab terhadap segala kemungkinan kebocoran data pribadi pengguna AI chatbot.


 


Kata Kunci: Regulasi, AI chatbot, Perlindungan Hukum, Data Pribadi


 


 


ABSTRACT


 


This study aims to identify the regulation for the use of AI chatbot services and see the basis protection of the user’s personal data. The approach used is normative legal research, focusing on statutory analysis. The results indicate that there are regulations for the use of AI chatbot as one of the features of artificial intelligence. These regulations include Law Number 11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions, as amended by Law Number 19 of 2016 concerning Amendments to Law Number 11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions (UU ITE), as well as Government Regulation Number 71 of 2019 concerning Electronic Transaction System Operators (PP PSTE). In the context of legal protection for the personal data security of AI chatbot service users, Law Number 27 of 2022 concerning Personal Data Protection (UU PDP) is applied. In this case, the AI chatbot as an Electronic Agent, is considered under the responsibility of the AI chatbot service provider company as an Electronic System Operator. The company is responsible for any potential leakage of personal data of AI chatbot users.


 


Key Words : Regulation, AI chatbot, Legal Protection, Personal Data

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-15
How to Cite
DAVID, Angeline Christian; DWI MAYASARI, I Dewa Ayu. PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KEAMANAN DATA PRIBADI PENGGUNA LAYANAN AI CHATBOT DI INDONESIA. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 14, n. 11, p. 576-586, may 2025. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/123225>. Date accessed: 17 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2025.v14.i11.p2.
Section
Articles