PERLINDUNGAN KONSUMEN DI DUNIA KESEHATAN : HAK PASIEN DALAM PERSPEKTIF HUKUM
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya jaminan perlindungan hukum terhadap pasien dalam pelayanan medis di rumah sakit guna meningkatkan mutu kesehatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif melalui pendekatan konseptual serta melalui pendekatan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan menjaga kualitas pelayanan Kesehatan serta negara memiliki tanggung jawab besar dalam menyediakan pelayanan umum dan fasilitas kesehatan yang memadai, sebagaimana diatur dalam Pasal 34 ayat (3).
Kata Kunci: Hak Konsumen,Pelayanan Kesehatan, Pasien
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the importance of guaranteeing legal protection of patients in medical services in hospitals to improve the quality of public health. This study uses normative research methods through conceptual approaches and through legislative approaches. The results of this study show that it is important to create a healthy environment and maintain the quality of health services and the state has a great responsibility to provide adequate public services and health facilities, as stipulated in Article 34 Section (3).
Key Words: Consumer Rights, Health Servicce, Patients