PENGATURAN HUKUM TERKAIT KERUGIAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK DALAM KEMASAN

  • Bagus Irfan Indrajati Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Nyoman Suyatna Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Pada dasarnya pentingnya suatu pengaturan di dalam penerapan mekanisme pelayanan terbaik untuk konsumen dalam mendapatkan suatu kepuasan di dalam melakukan transaksi jual beli yang harus diutamakan di dalam kesepakatan yang terjadi antara penjual dengan pembeli untuk mendapatkan kenyamanan dan keyakinan yang penting sebagai suatu hubungan timbal balik dalam pembelian suatu barang elektronik  dalam permaslahan yang terjadi sangatlah rentan dalam pengiriman bilamana dalam proses pembelian tidak dilakukan pemilihan yang selektif oleh pembeli dan mengedepankan atas dasar suatu kepercayaan dalam melakukan transaksi namun suatu perlindungan hukum yang pada hakekatnya dimiliki setiap orang yang melakukan transaksi jual-beli. Suatu Metode analisis hukum yang dilakukan untuk menentukan kualifikasi penelitian dan analisa hukum adalah suatu metode normative dengan menggabungkan suatu analisis dan penalaran dibantu dengan suatu studi perpustakaan dan juga analisis dokumen. Suatu barang elektronik yang telah dibeli dan dikemas di dalam suatu tempat yang dalam pengirimanya tidak sesuai dengan barang yang telah dijanjikan atau barang yang telah dibeli dilindungi hak dan juga ketentuanya di dalam suatu ketentuan perlindungan konsumen yang harus diberikan jaminan dan kepastian terhadap konsumen atas kerugian yang di dapat dan juga diperoleh atas dasar dari kelalaian penjual pada saat pengiriman.


Basically, the importance of an arrangement in implementing the best service mechanism for consumers in getting a satisfaction in carrying out buying and selling transactions must be prioritized in the agreement that occurs between the seller and the buyer to get the comfort and satisfaction which is important as a reciprocal relationship of an electronic item. It is very vulnerable in delivery when in the buying process there is no selective selection by the buyer and puts forward on the basis of a belief in conducting transactions but a legal protection which is inherently owned by everyone who carries out the sale and purchase transaction. A legal analysis method used to determine research qualifications and legal analysis is a normative method by combining analysis and reasoning assisted by a library study and document analysis. An electronic item that has been purchased and packaged in a place which in its delivery is not in accordance with the goods that have been promised or the goods that have been purchased are protected by rights and also provisions in consumer protection provisions that must be guaranteed and certainty to consumers for losses incurred. can and also be obtained on the basis of the seller's negligence at the time of delivery.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-21
How to Cite
INDRAJATI, Bagus Irfan; SUYATNA, I Nyoman. PENGATURAN HUKUM TERKAIT KERUGIAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK DALAM KEMASAN. Kertha Desa, [S.l.], v. 8, n. 7, p. 1-9, nov. 2020. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/66377>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles