Strategi Pengembangan Potensi Ekowisata di Desa Malatisuka

  • Fauziah Hanum Program Studi Magister Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana, Universitas Padjajaran
  • Reiza D. Dienaputra Program Studi Magister Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana, Universitas Padjajaran
  • Dadang Suganda Program Studi Magister Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana, Universitas Padjajaran
  • Budi Muljana Program Studi Magister Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana, Universitas Padjajaran

Abstract

Desa Malatisuka merupakan salah satu desa dengan kategori tertinggal di Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki potensi alam dan lanskap berlimpah yang dapat dijadikan destinasi wisata unggulan apabila dikelola dengan baik dengan menerapkan konsep Ekowisata dan pengembangan mengacu pada prinsip berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengembangan potensi ekowisata di Desa Malatisuka, Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan metode survey dan deskriptif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan teknik pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling, studi literatur baik itu dari buku, procceding seminar, tesis, artikel-artikel jurnal dalam atau luar negeri serta sumber lainnya. Sedangkan data akan dianalisis menggunakan cara triangulasi serta analisis SWOT untuk selanjutnya melakukan perumusan strategi yang tepat untuk pengembangan potensi ekowisata tersebut. Hasil menunjukan bahwa Desa Malatisuk memiliki kelebihan dan peluang yang besar utamanya potensi alam yang apabila dimanfaatkan sebaik mungkin maka dapat menjadi nilai lebih yang menjadi kekuatan untuk bersaing diantara daya tarik wisata khususnya dikembangkan untuk kegiatan ekowisata dan memungkinkan peluang untuk mengembangkan usaha kreatif lainnya dengan strategi yang telah dirumuskan berdasarkan analisis yang telah dilakukan.


Keywords: ekowisata, sustainable tourism, pengembangan wisata, air terjun

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-24
How to Cite
HANUM, Fauziah et al. Strategi Pengembangan Potensi Ekowisata di Desa Malatisuka. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], p. 22 - 45, july 2021. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/76026>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2021.v08.i01.p02.
Section
Articles