PERSEPSI PENGELOLA HOTEL BINTANG 1-5 TERHADAP FUNGSI DAN FITUR MEDIA PEMASARAN ONLINE DI KECAMATAN KUTA, PROVINSI BALI

  • Bagus Putu Wahyu Nirmala Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana STMIK Primakara Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media online yang digunakan oleh manajer hotel bintang di Kuta dan menganalisis persepsi mereka tentang fitur media online dan fungsi. Setelah melakukan pengumpulan data dan analisis terdapat tujuh media online yang banyak digunakan oleh manajer hotel. Mereka adalah mesin pencari, e-mail, website, twitter.com, facebook.com, OTA dan tripadvisor.com. Ada lima fungsi pemasaran digital: attract, engage, retain, learn dan relate. Semakin banyak fungsi pemasaran digital yang dapat dihasilkan oleh media online lebih mungkin media online tersebut untuk digunakan. Rata-rata perhitungan persepsi responden diperoleh 4,08 yang menunjukkan bahwa fitur media online telah dianggap bermanfaat untuk fungsi pemasaran. Fitur yang dianggap sebagai yang paling bermanfaat memperbarui secara teratur konten(4.60 dari 5.00), pendaftaran media online di search engine (4,51 dari 5,00), dan membuat konten yang unik (4.40 dari 5.00). Analisis faktor menunjukkan bahwa setiap fitur memiliki berbagai manfaat untuk fungsi pemasaran digital. Fitur dianggap paling membantu adalah pendaftaran media online di search engine (untuk attract), membangun komunitas virtual (untuk engage), menggunakan cookies untuk mengidentifikasi alamat IP (untuk learn), komunikasi pribadi (untuk relate). Fitur dianggap paling bermanfaat untuk mempertahankan aplikasi interaktif dan memperbarui secara teratur konten.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NIRMALA, Bagus Putu Wahyu. PERSEPSI PENGELOLA HOTEL BINTANG 1-5 TERHADAP FUNGSI DAN FITUR MEDIA PEMASARAN ONLINE DI KECAMATAN KUTA, PROVINSI BALI. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28464>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p11.

Keywords

persepsi, manajer hotel, Kuta, fitur, fungsi, media online, alat pemasaran, kerangka pemasaran digital.