STRATEGI PENGEMBANGAN MONUMEN KAPAL SELAM SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA SURABAYA

  • Moch Nur Efendi Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Anak Agung Ngurah Anom Kumbara Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Surya Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Abstract

Wisata Monkasel telah ditetapkan sebagai salah satu daya tarik wisata heritage di kota Surabaya, tetapi masih perlu pembenahan dari segi perawatan, pengelolaan, inovasi dan pembaharuan Monkasel. Artikel ini membahas bagaimana pengelolaan dan strategi pengembangan Monumen Kapal Selam sebagai daya tarik wisata di kota Surabaya, Jawa Timur. Data diperoleh melalui observasi, kepustakaan, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis melalui skala likert, pendekatan matrik IE (internal eksternal) dan matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil Monkasel sebagai sarana warisan nilai sejarah dan pengelolaannya memanfaatkan unsur-unsur manajemen, seperti: Men, Money, Methode, Materials, Machine, Market yang menghasilkan perhitungan matrik IFE dan EFE sebagai dasar dalam menentukan strategi, dan analisis. Selanjutnya dengan menggunakan matrik IE dan matrik SWOT dapat diketahui strategi yang perlu digunakan, yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
EFENDI, Moch Nur; KUMBARA, Anak Agung Ngurah Anom; SURYA, Ida Bagus Ketut. STRATEGI PENGEMBANGAN MONUMEN KAPAL SELAM SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA SURABAYA. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28458>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p07.

Keywords

manajemen, strategi pengembangan, wisata heritage, Surabaya