STRATEGI PROMOSI PARIWISATA PROVINSI GYEONGGI DI KOREA SELATAN UNTUK MENARIK WISATAWAN INDONESIA

  • Kang Hyeonseock Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi promosi yang efektif pada pariwisata dari Provinsi Gyeonggi terhadap wisatawan Indonesia yang ingin mengunjungi Korea. Lokasi penelitian ditetapkan di dua negara, yaitu Korea (Gyeonggi Provinsi) dan Indonesia (Jakarta dan Bali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini, sebagian besar wisatawan Indonesia yang menggunakan paket wisata, sementara 52,5% responden ingin mengunjungi Korea dengan cara perjalanan pribadi di masa depan. Daya tarik wisata bagi wisatawan Indonesia antara lain: DMZ (38,2%), English Village (31,6%), Everland (30,3%) dan jenis pariwisata seperti perjalanan pendidikan (33,8%), meditasi (20%), kesehatan (15 %) juga menarik orang dari Indonesia. Strategi promosi pariwisata dari Provinsi Gyeonggi diharapkan akan diselenggarakan melalui tiga pendekatan, termasuk; Pertama, kerja sama langsung antara agen perjalanan melalui bantuan ‘B to B’ dan ‘Fam Tour’. Kedua, melalui website dan media sosial sering diakses oleh masyarakat Indonesia. Ketiga, kerja sama antara Pemerintah Provinsi Gyeonggi dan Pemerintah Daerah di Indonesia, serta kemitraan dengan perusahaan dan lembaga pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
HYEONSEOCK, Kang. STRATEGI PROMOSI PARIWISATA PROVINSI GYEONGGI DI KOREA SELATAN UNTUK MENARIK WISATAWAN INDONESIA. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28456>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p06.

Keywords

promosi pariwisata, pariwisata Gyeonggi, Korea, wisatawan Indonesia